Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 18 Des 2021 20:43 WIB

TRAVEL NEWS

Selamatkan Satwa dan Tanaman, Taman Nasional Ini Bikin Aturan Baru Tiket Masuk

Syanti Mustika
detikTravel
Pasangan asal Uganda liburan ke Amerika Serikat. Malang bagi pengantin baru ini, terjadi kecelakaan mengenaskan yang menimpa sang istri di taman nasional.
Taman Nasional Arches ( AFP/MARK RALSTON)
Jakarta -

Salah satu taman nasional yang populer di Amerika Serikat (AS) menerapkan sistem masuk yang berbeda mulai tahun depan. Itu demi menyelamatkan satwa dan tanaman.

Adalah Taman Nasional Arches di Moab, Utah yang mengupayakan langkah konservasi lewat tiket masuk itu. Caranya, taman nasional yang dikunjungi lebih dari sejuta wisatawan dalam setahun itu mewajibkan traveler untuk reservasi berjangka lebih dulu.

Dikutip dari Travel+Leisure, dengan jumlah pengunjung terus bertambah setiap tahunnya, taman nasional itu terdampak. Salah satu yang signifikan adalah imbas kurang oke pada keselamatan satwa dan sumber daya tanaman.

Karena itu, taman nasional mengumumkan untuk menguji tiket masuk berjangka waktu ke taman nasional itu mulai tahun depan.

Untuk masuk dari 3 April hingga 3 Oktober 2022, pengunjung harus memesan slot waktu satu jam di Recreation.gov antara pukul 06.00 hingga 17.00. Selama jam yang direservasi, pengunjung bisa tinggal selama yang mereka mau. Mereka akan memiliki hak istimewa keluar masuk pada hari itu juga, selama tiket divalidasi dengan benar.

"Dengan menerapkan sistem reservasi entri sementara dan berjangka waktu, tujuan kami adalah menyebarkan kunjungan sepanjang hari untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dan kepadatan pengunjung," kata pengawas Taman Nasional Arches Patricia Trap dalam rilisnya.

"Kami percaya ini akan menciptakan pengalaman berkualitas sambil memaksimalkan akses bagi pengunjung kami," dia menambahkan.

Tiket masuk blok pertama mulai 3 April- 30 April akan dibuka pada 3 Januari 2022, pukul 08.00 waktu setempat. Taman akan terus memperbarui kesediaan tempat dan waktu untuk dipesan sejak tiga bulan sebelumnya dalam satu bulan. Jadi, reservasi Mei akan dibuka pada 1 Februari, Juni pada 1 Maret, Juli pada 1 April, Agustus pada 1 Mei, September pada 1 Juni, dan Oktober pada 1 Juli.

Bagi yang tidak bisa mendapatkan tempat bisa melakukan reservasi dalam jumlah terbatas, mulai mulai pukul 18.00.

Reservasi itu tidak berlaku bagi mereka yang memiliki izin khusus, misalnya berkemah, warga, atau kontrak konsesi atau otorisasi penggunaan komersial.

Pada tahun 2019, berdasarkan catatan Associated Press, setiap hari ada 2.700 kendaraan yang diizinkan masuk. Adapun waktu tersibuk tahun untuk taman ini adalah musim semi hingga musim gugur dari pukul 08.00 hingga 15.00.

"Taman mengharapkan reservasi masuk tepat waktu untuk memberi pengunjung pengalaman yang lebih andal dan menyenangkan sambil melindungi lanskap taman yang luar biasa," kata NPS dalam sebuah pernyataan.



Simak Video "Tarif Rp 3,75 Juta Taman Nasional Komodo untuk Konservasi"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA