Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 20 Des 2021 19:45 WIB

TRAVEL NEWS

Terapkan Kapasitas 75%, Ini Strategi Dispar Gunungkidul Tekan Kerumunan

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul mencatat di hari kedua lebaran ini ada belasan ribu wisatawan yang berkunjung ke kawasan pantai Gunungkidul. Pasalnya Dispar menargetkan 108.916 kunjungan wisata selama libur lebaran.
Wisata Gunungkidul. Foto: (Dok. Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul)
Gunungkidul -

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul menyebut telah menyiapkan antisipasi untuk meminimalisir kerumunan saat menerapkan kapasitas 75% kunjungan di objek wisata (obwis). Selain itu, Dishub akan melakukan screening di berbagai titik.

"Untuk antisipasi, nanti ada screening akhir di lokasi wisata," kata Sekretaris Dispar Gunungkidul Hary Sukmono kepada wartawan, Senin (20/12/2021).

Screening akhir tersebut, kata Hary, berlangsung di Terminal Semin, Kapanewon Semin dan Rest Area Bunder, Kapanewon Playen dengan menyasar kendaraan bermotor khususnya bus pariwisata. Screening itu untuk memastikan wisatawan yang datang betul-betul telah menjalani vaksinasi COVID-19.

"Nanti pengunjung akan diminta melengkapi syarat perjalanan seperti sertifikat vaksin hingga mempersiapkan aplikasi PeduliLindungi. Nah, pas saat tiba di destinasi wisata screening dilakukan dalam bentuk pemantauan," ucapnya.

Pemantauan itu, khususnya terkait penerapan protokol kesehatan. Dalam pelaksanaannya, kata Hary, pihaknya akan melibatkan pihak-pihak terkait.

"Untuk pemantauan akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak, seperti dengan tim Dalwas Gakkum (Pengendalian, Pengawasan Penegakan Hukum) dan SAR setempat," ucapnya.

"Jadi petugas nantinya akan 'halo-halo' agar prokesnya wisatawan tetap berjalan selama di destinasi wisata," lanjut Hary.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengendalian Operasi Dishub Gunungkidul Bayu Susilo Aji mengatakan, selama nataru pihaknya fokus terhadap pemeriksaan syarat perjalanan. Sedangkan untuk penyekatan tidak ada.

"Terutama bagi penumpang yang akan berangkat dari terminal bus, seperti Terminal Dhaksinarga Wonosari," katanya.

Syarat perjalanan yang dimaksud antara lain sertifikat vaksin hingga kondisi kesehatan penumpang melalui tes COVID-19. Jika syarat perjalanan tidak terpenuhi, nantinya penumpang tidak diperkenankan untuk berangkat.

"Selebihnya nanti akan ada pemeriksaan oleh kepolisian di sejumlah titik, ini masih menunggu petunjuk teknis (juknis)," ucapnya.



Simak Video "2 Korban Tewas Longsor Gunungkidul Ditemukan, Tertimbun Belasan Meter"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA