Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 17 Des 2021 10:51 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Melihat Candi Risan, Bukti Peradaban Budha di Gunungkidul

Candi Risan di Gunungkidul, Yogyakarta
Candi Risan di Gunungkidul (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Gunungkidul -

Tidak hanya memiliki pantai dengan pasir putih yang indah, Kabupaten Gunungkidul ternyata memiliki objek wisata (obwis) candi. Candi Risan menyimpan sejarah adanya peradaban Budha di Gunungkidul.

Berlokasi di Kalurahan Candirejo, Kapanewon Semin, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Candi Risan berjarak 52 kilometer dari jantung Kota Yogyakarta. Akses menuju Candi tersebut terbilang mudah mengingat berada di jalan antar provinsi dan berada di perbatasan Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta dan Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Candi Risan di Gunungkidul, YogyakartaCandi Risan di Gunungkidul, Yogyakarta Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Sesampainya di Candi Risan, pengunjung akan disambut arca di dekat pintu masuk. Selanjutnya, pengunjung akan disuguhkan pemandangan tumpukan batu yang membentuk Candi. Selain itu terdapat Candi lagi di selatan bangunan Candi utama.

Melongok lebih dekat, tampak relief terukir di beberapa batu, bahkan beberapa di antaranya ada yang menyerupai bentuk. Suasana di kawasan Candi Risan juga terbilang asri karena berada di perbukitan.

Kendati demikian, pengunjung di Candi Risan terbilang sedikit, bahkan sepi. Padahal, kawasan Candi tersebut terbilang bersih dan terawat. Sedangkan untuk masuk ke Candi itu tidak dikenakan biaya, pengunjung hanya perlu membayar parkir Rp 1.000.

Tokoh Masyarakat Kalurahan Candirejo Joko Haryono (62) menjelaskan lokasi Candi Risan berada di perbukitan yang termasuk dalam zona Pegunungan Selatan. Yakni, batuan penyusunnya adalah satuan batuan tufa dan alluvial.

Candi Risan berada pada koordinat 07°49'40,8" lintang selatan dan 110°45'17,9" bujur timur. Candi ini berada pada ketinggian 136 meter di atas permukaan air laut (mdpl).

"Luas area Candi ini sekitar 2000 meter persegi. Area tersebut meliputi dua bangunan berdenah persegi dan komponen bangunan yang ada di sekitar bangunan," kata Joko saat ditemui di kediamannya yang tidak jauh dari Candi Risan, Jumat (17/12/2021).

Secara rinci, Joko menjelaskan bahwa Candi Risan terdiri atas dua buah candi yang berderet dari utara ke selatan. Di mana Candi I berukuran 13 m x 13 m, sedangkan Candi II berukuran 11, 5 m x 11,5 m.

"Candi Risan menghadap ke barat, hal ini berdasarkan temuan tangga pada sisi barat Candi. Dan candi Risan terbuat dari batu putih (tufa)," ujarnya.

Selain itu, dia menduga Candi Risan berhubungan dengan kerajaan Majapahit. Kendati demikian, bentuk utuh dari candi ini belum diketahui karena bagian atasnya sudah tidak ada lagi.

"Ditemukannya arca Budha Avalokitesvara di Candi menunjukkan bahwa latar belakang keagamaan Candi Risan adalah Budha," kata dia.

Candi Risan di Gunungkidul, YogyakartaCandi Risan di Gunungkidul, Yogyakarta Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Menyoal nama Candi Risan, mantan juru rawat Candi Risan ini mengungkapkan ada beberapa sumber. Mulai dari risan berasal dari kata irisan hingga risan merupakan kependekan nama dari penunggu Candi Risan.

"Kalau itu (namanya Candi Risan) ada beberapa versi, ada yang mengatakan kalau di sini itu daerah Gunungkidul dan di sana daerah Mangkunegaran. Jadi di sini irisan dan disebut risan," kata dia.

"Tapi ada yang benar kurang tahu, ada juga yang bilang yang menunggu candi ini bernama Mbah Risang, dulu kan agak wingit di sini (Candi Risan)," Joko menjelaskan.

Halaman berikutnya >>> Misteri Sejarah Candi Risan

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Scanning QR Code PeduliLindungi di Yogyakarta Mulai Kendor"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA