Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 21 Des 2021 06:42 WIB

TRAVEL NEWS

Lucu... Ini Candaan Pilot tentang Membuka Jendela Pesawat Saat Takeoff

Syanti Mustika
detikTravel
travel to Paris, view of Eiffel Tower from the window of airplane, holidays in France, Europe
Ilustrasi penutup jendela pesawat. (iStock)
Jakarta -

Ada saja pertanyaan netizen yang bersifat ambigu. Ini jawaban pilot saat ditanya "kenapa saat take off penutup jendela pesawat harus dibuka?" Jawabannya bikin ngakak!

Traveler yang sering naik pesawat tentu tidak asing dengan instruksi awak kabin yang mengingatkan agar membuka penutup jendela di saat pesawat akan landing maupun take off. Bahkan, awak kabin memastikan betul hingga menghampiri penumpang untuk membuka penutup jendela.

Ternyata alasannya adalah untuk keselamatan. Jadi saat pesawat take off atau landing, kita bisa melihat jika ada terjadi kebakaran, atau hal lain yang bisa membahayakan penerbangan.

Ya, merujuk Flight Safety, 80 persen kasus kecelakaan pesawat terjadi pada 11 menit krusial atau biasa disebut critical eleven. Critical eleven merupakan tahap krusial selama tiga menit setelah pesawat take-off dan delapan menit sebelum pesawat mendarat.

Dalam periode waktu tersebut, pesawat dalam kondisi rentan sehingga gangguan sekecil apapun akan berdampak besar terhadap keselamatan penerbangan.

Jika penumpang melihat sesuatu yang ganjal atau membahayakan bisa juga memberitahukan langsung ke awak kabin. Nanti awak kabin akan meneruskan ke pilot dan langsung mengambil tindakan.

@rizkytoekan

Jendela harus di buka ? Waduh ##semogabermanfaat ##sampaiketemudilangitlangit

♬ Squidville - Emmanuel

Baru-baru ini viral nih, video netizen yang bertanya kepada pilot tentang serba-serbi penerbangan. Salah satu pertanyaannya yang membuat kita membacanya harus dua kali adalah "Bang, kenapa pas takeoff atau landing jendela pesawat harus dibuka?"

Pemilik akun TikTok bernama M Rizky Fajar Toekan pun menjawab pertanyaan netizen ini dengan balik bertanya lagi. Dia pun membuka jendela pesawat di bagian pilot dan mengeluarkan kepalanya.

"Dibuka brey? Gimana ceritanya nih? Tuh, kapten gue aja ketawa brey.. Gini nih?" Rizky pun merekam tangannya membuka jendela kok pilot. "Begitu brey? Biar bisa foto?"

Dia pun kemudian memperlihatkan sebuah kertas bertuliskan 'Normal Checklist' dari salah satu pesawat Lion Air. lalu menyorotinya 'Windows' dan 'Locked'.

"Ditutup ya brey ya, jangan dibuka, kehisap ntar kita," jawabnya sambil tertawa.

Netizen pun mencoba meluruskan dalam kolam komentar maksud dari pertanyaan tersebut. Mereka pun mengatakan maksudnya adalah penutup jendela pesawat.

Dalam akun TikToknya, M Rizky Fajar Toekan sering membuat konten tentang serba-serbi dunia penerbangan. Sering juga dia menjawab prtanyaan netizen yang kepo dengan pesawat dan dunia penerbangan. Dalam akun Instagramnya tertulis jika dia seorang pilot.

Gimana menurut traveler? Terhibur nggak? Jangan terlalu serius ya....



Simak Video "Sebentar Lagi Bisa Main Game di TikTok"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA