Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 22 Des 2021 06:11 WIB

TRAVEL NEWS

Belum Pulih Dihantam Gempa, Gili Trawangan Kian Merana Dihajar Corona

bonauli
detikTravel
Pesona tiga kepulauan Gili di Lombok NTB lenyap bak ditelan bumi imbas pandemi COVID yang melanda negeri hampir 2 tahun belakangan ini. Ini potret terkininya.

Gili  Trawangan yang selalu ramai kini senyap bak kota mati. Pandemi virus Corona lah yang mematikan ekonomi salah satu pulau yang menjadi andalan pariwisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) itu.

Hampir setiap malam di Gili Trawangan ini selalu ramai bahkan bisa dikatakan tak pernah tidur. Party setiap malam digelar hingga pagi menjelang. Pulau yang menjadi andalan wisatawan mancanegara itu kini sunyi sepi.
Gili Trawangan (Rachman_punyaFOTO)
Lombok Barat -

Gili Trawangan sempat terlihat bak kota mati. Tak ada turis, rasanya sunyi sekali.

detikTravel bersama Toyota Corolla Cross Hybrid Road Trip Explore Mandalika menyambangi Gili Trawangan baru-baru ini. Kecantikan pulau ini masih sama, tak ada cela.

Namun suasananya berbeda. Turis hampir kosong melompong, jalanan sepi dengan suasana nyaris sunyi. Untungnya masih ada beberapa pedagang yang lalu lalang.

Sesekali si domo lewat. Delman dengan kearifan lokal ini membawa beberapa wisatawan domestik untuk berkeliling.

Penyewaan sepeda lebih mirip lahan parkir. Hanya satu dua wisatawan yang menyewa dan berkeliling.

Pesona tiga kepulauan Gili di Lombok NTB lenyap bak ditelan bumi imbas pandemi COVID yang melanda negeri hampir 2 tahun belakangan ini. Ini potret terkininya.Gili  Trawangan yang selalu ramai kini senyap bak kota mati. Pandemi virus Corona lah yang mematikan ekonomi salah satu pulau yang menjadi andalan pariwisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) itu.Hampir setiap malam di Gili Trawangan ini selalu ramai bahkan bisa dikatakan tak pernah tidur. Party setiap malam digelar hingga pagi menjelang. Pulau yang menjadi andalan wisatawan mancanegara itu kini sunyi sepi.Pesona tiga kepulauan Gili di Lombok NTB lenyap bak ditelan bumi imbas pandemi COVID yang melanda negeri hampir 2 tahun belakangan ini. Foto: Rachman_punyaFOTO

Gempa dan pandemi, yang membuat Gili Trawangan sunyi sepi. Gili Trawangan seakan kehilangan warnanya.

Sisi pertokoan ternyata lebih parah lagi. Hiruk-pikuk musik yang dulu menggema kini menguap di udara. Banyak toko yang tutup, karena tak mampu lagi bertahan.

Bar dan restoran tepi pantai yang jadi idola, seakan tak bernyawa. Tak ada lagi tawa, hanya tersisa suara deburan ombak.

Pesona tiga kepulauan Gili di Lombok NTB lenyap bak ditelan bumi imbas pandemi COVID yang melanda negeri hampir 2 tahun belakangan ini. Ini potret terkininya.Gili  Trawangan yang selalu ramai kini senyap bak kota mati. Pandemi virus Corona lah yang mematikan ekonomi salah satu pulau yang menjadi andalan pariwisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) itu.Hampir setiap malam di Gili Trawangan ini selalu ramai bahkan bisa dikatakan tak pernah tidur. Party setiap malam digelar hingga pagi menjelang. Pulau yang menjadi andalan wisatawan mancanegara itu kini sunyi sepi.Gili Trawangan Foto: Rachman_punyaFOTO

"Sepi banget di sini. Kalau dulu ada pasar malam, sekarang enggak lagi. Ya itu, enggak ada yang datang," kata Yusuf, seorang pemandu lokal.

Yusuf bercerita bahwa sebelum pandemi, Gili Trawangan punya pasar malam yang ramai di dekat dermaga. Di sana ada berbagai kuliner dan produk lokal yang jadi atraksi.

"Sedih banget, kasihan yang cari makan di sini. Semoga pandemi cepat membaiklah," tuturnya.

[Gambas:Video 20detik]

(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Adu Perspektif
×
24 Tahun Reformasi dan Alarm Demokrasi Filipina
24 Tahun Reformasi dan Alarm Demokrasi Filipina Selengkapnya