Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 22 Des 2021 12:32 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Komunikasi Rahasia Pramugari di dalam Kabin, Pakai Lampu Ini

Ilustrasi pintu pesawat, pintu pesawat
Tanda EXIT di pesawat (Foto: iStock)
Jakarta -

Ternyata pramugari menggunakan lampu rahasia di sekitar kabin pesawat untuk saling berkomunikasi. Begini cara kerjanya.

Karena, mengelola ratusan penumpang di pesawat bukanlah tugas yang mudah. Mereka harus benar-benar tahu segalanya tentang keselamatan di dalam pesawat dan sedikit dari setiap penumpang (bahkan sebelum mereka naik ke pesawat).

Untuk membuatnya lebih mudah, mereka memiliki bahasa rahasia mereka sendiri untuk melewati setiap penerbangan. Dan mereka juga mengirim sinyal rahasia satu sama lain menggunakan satu peralatan yang tersembunyi di depan mata penumpang.

"Apa yang tampak di tanda EXIT bagi penumpang normal, sebenarnya adalah tanda EXIT yang normal. Tapi di tepi bawah tanda itu dikenal sebagai "Area Call Panel" atau ACP," kata Mateusz Maszczynski, pramugari penerbangan internasional, mengungkapkan di Paddle Your Own Kanoo, melansir Travel+Leisure.

Jika Anda memperhatikan penerbangan berikutnya, Anda akan melihat lampu di panel yang memberi tahu pramugari kapan perhatian mereka dibutuhkan di seluruh pesawat.

Jika lampu biru muncul di ACP, berarti penumpang telah menekan tombol panggil di tempat duduknya. Terkadang ACP memiliki dua lampu biru untuk memberi tahu pramugari di sisi lorong mana penumpang duduk.

Lampu oranye atau kuning memberi tahu pramugari bahwa ada sesuatu yang terjadi di toilet. Lampu oranye yang menyala stabil berarti seseorang di toilet telah menekan tombol panggil.

Jika lampu berkedip, itu berarti detektor asap telah diaktifkan. Lampu di luar kamar mandi yang bersangkutan juga akan menyala untuk memberi tahu pramugari ke mana harus pergi.

Terakhir, lampu merah muda adalah saat pramugari memberi sinyal satu sama lain bahwa ada panggilan telepon untuk dijawab. Lampu merah muda yang stabil berarti itu adalah panggilan satu arah, tetapi lampu merah muda yang berkedip berarti panggilan grup dan setiap pramugari harus bergabung.

Terkadang lampu merah pada ACP mungkin menandakan panggilan dari dek penerbangan. Untuk semua sinyal cahaya ini, lonceng akan berbunyi dan memberi tahu pramugari untuk memeriksa ACP terdekat.

Tentu, Anda dapat mencoba membuat awak kabin terkesan pada penerbangan berikutnya dengan mengungkapkan bahwa Anda tahu persis cara membaca kode tanda EXIT rahasia mereka.



Simak Video "Wanita Ponorogo Ini Banting Setir dari Pramugari Jadi Wirausaha Plafon"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA