Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Des 2021 16:40 WIB

TRAVEL NEWS

4 Fakta Rabbit Town Bandung yang Digugat Rp 1 M karena Plagiat

Tim detikcom
detikTravel
Destinasi wisata selfie Rabbit Town di Bandung
Foto: (@rabbittown.id/Instagram)
Jakarta -

Rabbit Town Bandung terbukti melakukan plagiat pada karya seni asal Amerika Serikat. Mereka pun diganjar denda. Berikut fakta tentang destinasi wisata itu.

Kendati sudah disinggung sejak tiga tahun lalu, plagiasi yang dilakukan Rabbit Town Bandung baru ditindak di penghujung 2021. Salah satu instalasi yang sudah terbukti plagiat adalah Love Light yang menjiplak instalasi Urban Light karya seniman AS Chris Burden.

Mahkamah Agung kemudian menghukum Rabbit Town Bandung dengan denda Rp 1 miliar. Selain itu, mereka juga harus memusnahkan instalasi Love Light.

"Segera memusnahkan instalasi "Love Light", yang terletak di taman hiburan wisata selfie Rabbit Town, beralamat di Jl. Rancabentang Nomor 30-32, Ciumbuleuit, Cidadap Bandung 40142, Indonesia, dalam waktu selambat-lambatnya 30 hari kerja sejak putusan berkekuatan hukum tetap," tulis dalam putusan kasasi Mahkamah Agung.

Rabbit Town Bandung sendiri merupakan lokasi hits yang kerap diburu wisatawan untuk berfoto. Maklum, di sana terdapat banyak instalasi Instagramable.

Berikut 4 fakta Rabbit Town Bandung:

1. Dibangun atas kecintaan pemilik pada kelinci

Rabbit TownRabbit Town. Foto: Nias Uciyanti/d'Traveler

Pemilik Rabbit Town Bandung adalah seorang pengusaha bernama Henry Husada. Ia membangun tempat wisata itu di bekas rumahnya seluas 2 hektar.

Henry diketahui begitu menyukai kelinci. Ini tak terlepas dari dirinya yang memiliki shio kelinci.

2. Punya banyak wahana, termasuk taman kelinci

Rabbit Town di BandungRabbit Town di Bandung. Foto: (Eva Sri Rahayu/d'Traveler)

Rabbit Town Bandung merupakan tempat wisata yang menggabungkan beberapa konsep, mulai dari edukasi, kuliner, hingga lifestyle.

Seperti namanya, Rabbit Town Bandung menonjolkan taman kelinci sebagai destinasi wisata edukasi. Tempat ini disukai anak-anak karena dapat melihat dan berinteraksi dengan kelinci yang menggemaskan.

Selain itu, ada juga taman burung merpati yang menarik perhatian. Burung-burung merpati ini ditempatkan di kandang berwarna-warni. Lokasinya sering dijadikan spot foto untuk wisatawan.

3. Instalasi instagramable

Destinasi wisata selfie Rabbit Town di BandungDestinasi wisata selfie Rabbit Town di Bandung. Foto: (@rabbittown.id/Instagram)

Rabbit Town Bandung mendirikan sejumlah instalasi seni yang instagramable. Termasuk salah satunya adalah Love Light yang memplagiat karya lain.

Love Light merupakan deretan pilar putih dengan lampu di bagian atasnya. Pilar yang disusun itu berjumlah 88 buah.

Wisatawan senang berfoto di sana karena cahaya yang dihasilkan begitu cantik. Selain itu, pilar-pilarnya juga memiliki bentuk yang unik sehingga cocok menjadi latar foto.

4. Instalasi lain yang dituduh plagiat

Rabbit Town Bandung yang diduga menjiplak karya seniman luar negeriRabbit Town Bandung yang diduga menjiplak karya seniman luar negeri Foto: Pool

Selain Love Light, ada lagi instalasi yang dituding plagiat yaitu hiasan pisang-pisang berwarna pink dan kuning yang digantung. Instalasi ini mirip dengan karya seni di Museum Ice Cream di New York, Amerika Serikat.

Kemudian ada pula lampu gantung berbentuk es krim terbalik. Ini juga dicap plagiat instalasi di Museum Ice Cream.

Tak sampai di situ, instalasi sticker room juga terlihat sama dengan karya milik Yayoi Kusama di Galeri Nasional Singapura.



Simak Video "Suasana Love Light di Rabbit Town Bandung Usai Dinyatakan Plagiat"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA