Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Des 2021 19:12 WIB

TRAVEL NEWS

Tips Staycation Bersama Keluarga di Bandung

Sponsored
detikTravel
Dream Belle Villa di Lembang.
Foto: Whisnu Pradana
Jakarta -

Bandung dikenal sebagai salah satu tujuan wisata bagi masyarakat yang berada di Jabodetabek. Ketika akhir pekan atau hari libur tiba, ribuan masyarakat akan berbondong-bondong ke Bandung untuk sekedar melakukan wisata kuliner atau melakukan holiday stays.

Apalagi, Bandung memiliki cukup banyak vila di kawasan dataran tinggi. Jadi wisatawan bisa menikmati hari libur dengan melakukan staycation atau menjelajahi beberapa destinasi wisata alam yang ada di sekitarnya.

Apabila Anda berniat untuk melakukan liburan dengan menyewa villa di Bandung, ada baiknya untuk menyimak beberapa tips di bawah ini.

Memilih Tanggal yang Tepat

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah memilih tanggal yang paling tepat. Pemilihan tanggal ini harus dilakukan tanpa melakukan kesalahan, mengingat vila atau akomodasi sejenis selalu penuh ketika akhir pekan atau hari liburan tiba.

Itulah mengapa pemilihan hari harus tepat guna menghindari adanya hari libur atau pada weekdays. Selain itu, pemesanan harus dilakukan sejak beberapa bulan sebelumnya. Dengan melakukan ini Anda masih kebagian vila meski pemilihan hari dilakukan pada long holiday.

Memastikan Jumlah Orang yang Berlibur

Setiap vila ataupun akomodasi sejenis memiliki aturan yang berbeda-beda. Biasanya satu vila memiliki jumlah penghuni yang bervariasi. Ada yang bisa ditempati 5 orang dan ada juga yang bisa ditempati hingga 10 orang.

Meskipun vila bisa ditempati lebih banyak orang, ada baiknya untuk melihat apakah tempatnya memang benar-benar luas, sehingga dapat menampung banyak orang. Jika tidak, lebih baik menyewa lebih dari satu vila atau memilih akomodasi lain yang bisa menampung banyak orang.

Mengecek Destinasi Wisata Sekitar

Meski aktivitas holiday stays banyak dilakukan di dalam ruangan atau di area akomodasi saja, beberapa orang terkadang bosan lalu menjelajahi area di sekitar akomodasi. Jika memungkinkan, Anda juga harus membuat daftar destinasi wisata apa saja yang ada di sekitar vila. Jadi, ketika merasa bosan, bisa melakukan pelesir ke lokasi yang tidak terlalu jauh. Selain itu esensi dari staycation masih terasa.

Mempertimbangkan Fasilitas Vila

Karena akan melakukan staycation, aktivitas yang akan dilakukan adalah lebih banyak berada di dalam ruangan atau di sekitar kawasan vila. Artinya, seseorang tidak akan keluar terlalu jauh untuk melakukan wisata kuliner atau melakukan penjelajahan ke destinasi wisata yang menarik.

Karena lebih banyak melakukan aktivitas di dalam ruangan, fasilitas yang ditawarkan oleh akomodasi harus berkualitas. Fasilitas dasar, seperti air bersih hingga air panas harus ada. Selain itu, fasilitas pendukung lain seperti kompor untuk memasak hingga fasilitas internet juga harus mendukung.

Intinya sebelum melakukan pemesanan Anda bisa menanyakan terlebih dahulu atau melakukan riset. Apabila fasilitas yang ditawarkan memang sudah sesuai dengan keinginan, bisa langsung dipesan. Tetapi jika fasilitasnya pas-pasan lebih baik memilih villa atau akomodasi yang lain.

Akses Keluar-Masuk Villa

Tips terakhir yang harus dipertimbangkan ketika akan menyewa vila untuk melakukan staycation di Bandung adalah akses keluar masuk kendaraan ke lokasi akomodasi. Ini harus dipertimbangkan dengan baik-baik mengingat lokasi dari vila biasanya cukup terpencil atau masuk ke pedesaan.

Apabila akses ke lokasi cukup sulit untuk dilakukan dan tidak bisa menggunakan kendaraan umum, lebih baik dipertimbangkan lagi. Apalagi Anda ke Bandung dengan menggunakan kereta ataupun pesawat terbang. Tanpa kendaraan pribadi akan sulit menuju ke lokasi.

Hal itu akan berbeda ketika pihak akomodasi atau vila memiliki kendaraan untuk melakukan antar jemput ke tempat penginapan. Jadi, akses ke lokasi tidak akan membuat Anda kerepotan, sehingga harus menyewa kendaraan ketika berada di Bandung.

Kunci dari berhasilnya liburan di Bandung, khususnya ketika akan menyewa vila untuk melakukan staycation adalah melakukan persiapan dengan matang. Dimulai dengan menyewa akomodasi, hingga merencanakan seluruh aktivitas selama tinggal sementara di sana.

Apabila tidak direncanakan dengan baik bisa saja Anda tidak mendapatkan vila, apalagi jika ke Bandung saat akhir pekan atau hari libur nasional. Itulah mengapa Anda disarankan untuk selalu menyiapkan semuanya dengan matang sejak jauh-jauh hari. Selain itu, gunakan juga Traveloka Lifestyle SuperApp untuk memesan vila agar tidak kehabisan.

(Content Promotion/Traveloka)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA