Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Des 2021 20:19 WIB

TRAVEL NEWS

Penerbangan Halim Pindah ke Pondok Cabe, Jalanan Lebih Baik One Way?

Bandara Pondok Cabe menjadi salah satu bandara pengganti sementara selama Bandara Halim Perdanakusuma ditutup untuk direvitalisasi. Ini potretnya.
Bandara Pondok Cabe, jalanan di sekitarnya masih dirasa sempit oleh warga Foto: Grandyos Zafna
Tangerang Selatan -

Sebagian penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma akan dialihkan ke Bandara Pondok Cabe. Warga mengingatkan aparat untuk melakukan manajemen lalu lintas demi menghindari macet.

"Tanpa ada penerbangan pun sudah macet, bagaimana nanti kalau ada penerbangan komersial dari Pondok Cabe," ujar Dina (38) warga Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan.

"Nantinya harus ada manajemen lalu lintas yang betul, jangan sampai warga yang kena batunya karena macet yang semakin parah. Mungkin perlu dikaji penerapan one way di jalanan sekitar bandara yang dilakukan secara kondisional melihat situasi lalu lintas, kalau nanti jadi penerbangan di sini, tapi pasti muter-muternya bakal lebih jauh ya, entar pengendara emosi lagi," ujarnya.

Dari pantauan detikcom, jalanan di sekitar Pondok Cabe mulai dari Cireundeu sampai simpang Gaplek sudah jadi langganan macet.

Beragam fasilitas mulai dari tempat kuliner, pusat perbelanjaan, dealer mobil, sampai gedung sekolah baru yang besar dan wah dibangun dalam beberapa tahun terakhir ini di Pondok Cabe, namun jalanan tak kunjung bertambah lebar.

"Kalau anak-anak sekolah mulai masuk kelas lagi wah nggak kebayang macetnya," ujarnya.

Pernah pengendara harus terjebak di jalanan selama 3 jam lamanya.

Arus lalu lintas di Jalan Pondok Cabe, Tangerang Selatan, macet. Diketahui, kemacetan terjadi imbas kecelakaan lalu lintas di jalan tersebut.Arus lalu lintas di samping bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, langganan macet! Foto: Andhika Prasetia/Detikcom

Wacana pelebaran jalan di Cireundeu ini sebenarnya sudah mengemuka sejak beberapa tahun lalu, sejak zaman pilkada Tangsel, namun sampai sekarang belum terlihat.

Beberapa simpul kemacetan mulai dari simpang Bukit Cireundeu, simpang jalan Gelagah, Jalan Tarumanegara, Jalan Gunung Raya, sampai ke PDK. Kemudian ke arah selatan, kemacetan di sekitar Universitas Terbuka dan simpang Gaplek.

Beberapa rute alternatif menuju bandara Pondok Cabe selain melalui Cireundeu adalah lewat tol Pamulang-Serpong yang baru diresmikan. Pengguna jalan bisa melewati persimpangan gaplek, menuju Universitas Terbuka. Namun dari pantauan detikcom, jalanan di sekitar exit tol Pamulang malah menjadi sering macet setelah tol dibuka terutama saat akhir pekan.

Bandara Halim sendiri akan ditutup per 1 Januari untuk direvitalisasi. Penutupan ini merupakan perintah langsung Presiden Joko Widodo.



Simak Video "Bandara Halim Tutup Sementara, Penerbangan Dipindah Ke 5 Bandara Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA