Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 02 Jan 2022 10:49 WIB

TRAVEL NEWS

Bukan Disneyland, Ini 'Sarang T-Rex' di Pekalongan

Robby Bernardi
detikTravel
Soko Langit di Pekalongan
Soko Langit (Robby Bernardi/detikcom)
Kabupaten Pekalongan -

Tak perlu jauh ke luar negeri untuk bertemu 'dinosaurus'. Pekalongan punya 'sarang T-Rex' yang ciamik untuk dijelajahi.

Sarang T-Rex ini berada di Desa Karaggondang, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Namanya Soko Langit, sebuah obyek wisata yang di penghujung tahun 2021 menjadi tren karena keberadaan sarang T-Rex di tengah hutan pinus. Tidak sulit untuk menuju ke lokasi ini.

Dari exit tol (Bojong) Pekalongan berjarak sekitar 12 km ke lokasi yang berada di Desa Karanggondang, Karangayar ini. Sepanjang perjalanan lepas dari Tugu Duren Karanganyar, akan disuguhkan pemandangan yang indah yakni sebuah sungai yang deras dengan air yang jernih.

Masuk ke kawasan hutan pinus juga akan disuguhkan hamparan hijau dengan udara segar. Enam menit perjalanan yang mengasikan dari Tugu Duren ini, kita sampai di Wisata Soko Langit. Hamparan hutan pinus dengan udara yang segar, menjadikan lokasi ini banyak dikunjungi saat weekend.

Untuk bisa berjalan-jalan di sarang T-Rex yang berada di tengah hutan pinus, para pengunjung akan ditarik tiket sebesar Rp 15 ribu. Dan jangan kaget, satu persatu dinosaurus akan terlihat disepanjang jalan setapak hutan setempat.

Soko Langit di PekalonganSoko Langit di Pekalongan Foto: (Robby Bernardi/detikcom)

Bahkan, mereka akan unjuk gigi dengan suara yang menggema dan menggerak-gerakan badan dan kepalanya. Di masing-masing lokasi juga terpampang papan keterengan nama spesies dan habitatnya .

"Kaget, lagi asyik menikmati hutan, tiba-tiba ada suara seperti di film dinosaurus itu. Ternyata ada dan bergerak-gerak," kata Nadina Sasikirana Putri (11) salah satu pengujung yang sempat kaget dan mencari sumber suara.

Ya, masuk kawasan Dino Park setempat, pengunjung akan disuguhkan seekor vilociraptor yang mempunyai tinggi satu meter dan panjang 2,5 meter. Dari papannya virociraptor ini hidup di akhir zaman Kretasius atau sekitar 71 juta tahun yang lalu. Para pengunjung bias berfoto namun tetap berjaga jarak dengan hewan ini.

Melanjutkan perjalanan susur hutan pinus, petualangan dengan dinosaurus kembali dilanjutkan. Di alam terbuka itu pengunjung wisata akan menemukan sosok T-Rex yang begitu besar. Ya, Tyrannosaurus Rex atau biasa disebut T-Rex inilah yang paling besar di antara yang lainnya.

Spisies yang hidup 66 juta tahun yang lalu tersebut, tingginya 3,66 meter dan panjang 12,3 meter. Suara T-Rex ini paling eras dengan lainnya dan kepalanya bias bergerak kesana-kemari membuat replica dinosaurus ini nampak hidup di hutan pinus Pekalongan.

Soko Langit di PekalonganSoko Langit di Pekalongan Foto: (Robby Bernardi/detikcom)

Pengelola Wisata Soko Langit, Ika Nela Sutiyani, pada detikcom, menjelaskan selain sebagai tempat rekreasi pihaknya juga menambah wahana edukasi.

"Kami mencoba mengenalkan dinosaurus di alam terbuka seperti hutan pinus ini. Semuanya replika hanya memang ada efek gerak dan suaranya," kata Ika Nela.

Dengan memanfaatkan lahan seluas 7,9 hektare, selain dino park dan taman bermain bagi anak-anak, pihaknya juga menyediakan edukasi yakni bercocok tanam dengan metode hidroponik. Jika datang saat masa panen, pengunjung bisa ikut memanen. Taman kelinci dan wahana outbound menjadi pelengkapnya.

"Kita sediakan juga kuliner lokal, kopi lokal sebagai tempat istirahat pengunjung usai berpetualangan di hutan pinus," tambahnya.

Soko Langit di PekalonganSoko Langit di Pekalongan Foto: (Robby Bernardi/detikcom)

Nah usai berkeliling di Dino Park, pengunjung bias beristirahat di areal hutan pinus. Ada bangku yang berjejer atau jika memilih lesehan ada tikar sembari menikmati segarnya udara hutan pinus. Jangan kuatir di kanan kiri ada juga kuliner khas Pekalongan. Tidak jauh itu ada juga kerajaan kelinci yang berisi kelinci-kelinci peliharaan. Pengunjung bisa berinteraksi dengan kelinci-kelinci yang lucu ini.

Salah satu Pengunjung, Ning Setyowati (40) sengaja datang bersama anak-anaknya karena penasaran dengan sarang dinosaurus yang sebelumnya viral di sosial media.

"Penasaran sekalian edukasi pada anak-anak soal hewan purba. Kebetulan di setiap sarang ada penjelasannya melalui papan keteranganya. Lokasinya asyik apalagi dinosaurus berada di tengah hutan dan semak-semak seakan beneran," katanya.

Nah kan tertarik dengan sarang T-Rex di Hutan Pinus Pekalongan ini? Detikcom sarankan jika akan berkunjung ke lokasi ini, ada baiknya pagi-pagi, karena bisa mengeksplor lokasi sepuasnya. Karena biasanya sekitar pukul 13.00 WIB, lokasi setempat akan turun hujan.



Simak Video "Kesederhanaan Para Pembatik Pekalongan, Tetap Berkarya dengan Segala Keterbatasan"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA