Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 02 Jan 2022 19:20 WIB

TRAVEL NEWS

Wisatawan Membludak, Pintu Masuk Wisata Pantai Kota Tegal Macet Parah

Imam Suripto
detikTravel
Pintu Masuk Wisata Pantai Kota Tegal macet parah
Foto:Pintu masuk macet parah (Imam Suripto/detikTravel)
Kota Tegal -

Hari kedua Tahun 2022, pengunjung Obyek Wisata Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal membludak. Para pengujung harus berdesakan antre tiket untuk masuk ke sana.

Pantauan detikTravel hari Minggu (2/1/2022), antrian pengunjung tampak memenuhi Jalan Sangir. Di jalan ini sempat mengalami kemacetan sampai ke jalur pantura ujung Jalan Yos Sudarso Kota Tegal.

Sebagai langkah antisipasi, petugas menerapkan sistem buka tutup di akses masuk tempat wisata. Hal tersebut sebagai langkah pencegahan terjadinya kerumunan dan terjadinya cluster penyebaran virus COVID-19.

"Kalau dari hasil pantauan petugas pos pengamanan menyatakan bahwa tempat wisata sudah penuh, maka saya sudah perintahkan anggota jaga untuk menutup akses masuk tempat wisata tersebut untuk menghindari kerumunan," kata Kapolres Tegal Kota, Rahmad Hidayat, saat memantau kawasan wisata ini.

Selain di pintu masuk, Kapolres menambahkan, anggotanya juga memantau kegiatan masyarakat khususnya di bibir pantai. Dengan meningkatnya jumlah pengunjung ini, terang Kapolres harus diwaspadai kemungkinan terjadinya kecelakaan air.

"Petugas kami selalu berkoordinasi supaya memantau pengunjung di pantai. Karena dengan membludaknya pengunjung ini harus diwaspadai terjadinya kecelakaan di air," terangnya.

Pintu Masuk Wisata Pantai Kota Tegal macet parahPintu Masuk Wisata Pantai Kota Tegal macet parah Foto: Imam Suripto/detikTravel

Kabid Pariwisata Disporapar Kota Tegal, Maman Suherman mengatakan, di hari kedua Tahun 2022 pengunjung PAI lebih banyak dari hari pertama kemarin.

Sedikitnya 3.000 lebih pengunjung yang datang ke kawasan wisata ini. Mereka didominasi berasal dari luar Kota Tegal dan sejak pagi sekira pukul 07.00 sudah berdatangan.

Pintu Masuk Wisata Pantai Kota Tegal macet parahPintu Masuk Wisata Pantai Kota Tegal macet parah Foto: Imam Suripto/detikTravel

Menurut Suherman, petugas langsung menutup pintu masuk agar pengunjung tidak makin berjubel. Sesuai aturan PPKM, obyek wisata boleh dibuka dengan aturan jumlah pengunjung tidak melebihi 75 persen dari kapasitas yakni 6000 orang.

"Tadi terjadi kemacetan setelah pintu masuk ditutup membuat antrian bertambah panjang. Laporan kami, pukul 09.00 pengunjung PAI sudah mencapai sesuai alokasi PPKM 75 persen dari kapasitas PAI 6.000 sudah terlampaui, jadi pintu masuk ditutup," tururnya.

Dalam liburan tahun baru ini, Pemerintah Kota Tegal menerapkan harga tiket masuk Obyek wisata PAI sebesar Rp.3000 per orang. Harga ini masih sesuai dengan Perda lama yakni Rp 3.000 per orang dewasa, Rp 2.000 ribu untuk anak-anak. Harga masuk obyek wisata itu sudah termasuk premi asuransi. Sedangkan kendaraan roda dua dikenai biaya Rp 8.000 dan kendaraan roda empat Rp 10.000.



Simak Video "Jajal Nongkrong di Kafe Atas Tebing Gunung Kidul Yang Instagramable"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA