Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Jan 2022 22:15 WIB

TRAVEL NEWS

Evaluasi Libur Nataru: Wisatawan di Kaltara dan Sulteng Paling Taat Prokes

Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah telah mengevaluasi protokol kesehatan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di tempat wisata. Hasilnya, Kalimantan Utara paling taat bermasker dan Sulawesi Tengah paling baik dalam menjaga jarak.

Kemenparekraf dalam temu wartawan mingguan, Senin (3/1/2022), bersama kementerian lembaga lain terus melakukan evaluasi terhadap momen yang berpotensi menimbulkan lonjakan kasus dan menuntu pembatasan yang lebih ketat lagi.

"Momen terkendalinya pandemi di Indonesia saat ini harus terus dijaga bersama dengan turut serta melibatkan masyarakat. Pada saat momen nataru, sebenarnya seluruh jajaran aparatur pusat dan daerah telah mengawal ketat terhadap potensi kerumunan yang mungkin terjadi di beberapa titik rawan," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

"Penutupan beberapa lokasi yang umumnya menjadi tempat perayaan sudah dilakukan dengan sangat baik, bahkan di beberapa daerah kita sama-sama melihat ketegasan pemerintahnya dalam mengamankan lokasi-lokasi tersebut dengan melakukan penjagaan dan pembubaran massa yang berkumpul," imbuh dia.

Berikut catatan prokes Nataru dari Kemenparekraf:

1. Penerapan prokes seperti halnya menggunakan masker dengan baik dan benar serta menjaga jarak/menghindari kerumunan cukup mengkhawatirkan, utamanya di ruang publik atau pada pintu-pintu masuk, serta tempat lainnya yang memicu antrean. Selain itu, masyarakat cenderung abai menggunakan masker terutama ketika berwisata di tempat-tempat terbuka atau alam bebas

2. Penggunaan aplikasi PeduliLindungi belum optimal. Masih ditemukan pengunjung tidak menggunakan atau tidak diarahkan untuk menggunakan aplikasi PL oleh pengelola dan juga kendala untuk destinasi yang tidak memiliki cakupan sinyal yang baik

3. Destinasi umumnya selalu penuh pada saat akhir pekan. Pada malam pergantian tahun baru 2021 aktivitas di destinasi cenderung lebih terkendali, destinasi akan dipadati pengunjung di keesokan harinya (pagi hingga sore) - tanggal 1 Januari 2022

4. Melihat dari halaman satgas Covid-19 terkait dengan penerapan protokol kesehatan, utamanya penggunaan masker dan juga menjaga jarak serta menghindari kerumunan.

Berikut provinsi yang sudah menerapkan pengendalian protokol kesehatan dengan baik, yakni:

a. Provinsi dengan persentase penggunaan masker dengan baik

1. Kalimantan Utara (99,52%)
2. Maluku (98,56%)
3. Kepulauan Riau (97,55%)
4. Sulawesi Tengah (97,50%)
5. Bali (97,30%)

b. Provinsi dengan persentase menjaga jarak dan kerumunan dengan baik saat libur Nataru

1. Sulawesi Tengah (100%)
2. Kalimantan Utara (99,56%)
3. Kepulauan Riau (97,96%)
4. Gorontalo (96,69%)
5. Bali (95,79%).



Simak Video "Judika Bagikan Persiapan Jelang Perayaan Natal"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA