Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 05 Jan 2022 07:11 WIB

TRAVEL NEWS

Kane Tanaka, Orang Tertua di Dunia Rayakan Ultah

Syanti Mustika
detikTravel
A senior woman walking down a corridor with the assistance of a walker. view from rear
Ilustrasi nenek (iStock)
Jakarta -

Orang tertua di dunia baru saja berulang tahun ke-119. Nenek ini merayakan ulang tahunnya di sebuah panti jompo di Jepang.

Nenek ini bernama Kane Tanaka. Dia seorang supercentenarian yang diakui Guinness World Records. Dia lahir pada 2 Januari 1903, di Prefektur Fukuoka Jepang.

Dilansir dari Fox News, Rabu (5/1/2022) Tanaka merayakan hari ulang tahunnya di fasilitas panti jompo di Daerah Higashi, Fukuoka.

Untuk tetap mempertajam pikirannya dia menghabiskan waktu dengan bermain puzzle dan berinteraksi dengan para staf melalui gerakan. Dan laporan Kyodo News, Tanaka masih menggemari cokelat dan minuman bersoda.

Berdasarkan tahun kelahirannya, Tanaka lahir pada tahun yang sama dengan penyanyi pop Bing Crosby, legenda bisbol Lou Gehrig dan pemimpin hak-hak sipil Ella Baker. Dia adalah anak ketujuh dari sembilan bersaudara dan menikah pada usia 19 tahun.



Tanaka dilaporkan mengambil alih toko mie keluarganya ketika suami dan putra sulungnya pergi berperang dalam Perang China-Jepang Kedua pada tahun 1937. Mendiang suami Tanaka, Hideo, meninggal pada tahun 1993.

Selama pandemi virus corona, Tanaka telah mengambil tindakan pencegahan untuk menjaga kesehatannya. Keluarganya juga menjaganya dengan menerapkan jarak sosial secara ketat.

Sampai-sampai cucu Tanaka yang berusia 62 tahun, Eiji, belum bisa menemuinya langsung saat Tanaka ultah. Dia berharap bisa memberikan ucapan selamat kepada Tanaka secara langsung dalam waktu dekat (tidak disebutkan tanggal pasti).

Di ulang tahunnya, Tanaka berharap bisa merayakan ulang tahunnya di usia ke-120.


Tanaka adalah orang tertua ketiga di dunia yang diverifikasi oleh Guinness. Sebelum dia, Jeanne Calment dari Prancis dan Sarah Knauss dari AS juga dipastikan sebagai supercentenarian pemegang rekor yang masing-masing mencapai usia 122 dan 119 tahun.

Traveler tentu sudah tahu bahwa umur orang Jepang lebih panjang dibandingkan orang-orang di negara lain. Menurut sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan oleh Nippon.com, jumlah centenarian (orang yang hidup di atas 100 tahun) Jepang telah meningkat secara signifikan dalam 60 tahun terakhir.

Mereka juga menganalisis data dari Kementerian Kesehatan, Perburuhan, dan Kesejahteraan, dan menemukan bahwa negara tersebut memiliki catatan 86.510 centenarian pada tahun 2021. Dan 88% dari centenarian tersebut adalah wanita.



Simak Video "Potret Suporter Jepang saat Bersih-bersih Stadion Piala Dunia 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA