Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 31 Des 2021 11:05 WIB

TRAVEL NEWS

Pramugari Demo Sambil Buka Baju dan Festival Penis di Jepang yang Sakral

Tim detikcom
detikTravel
Maskapai Bangkrut, Pramugari Alitalia Demo Buka Baju
Foto: Dok. Instagram/simonaberterame
Jakarta -

Travel Year in Review 2021 berlanjut ke bulan Oktober. Pada bulan Oktober lalu, Italia sedang 'panas' karena demo protes buka baju dari pramugari Alitalia. Sementara di Jepang ada Festival Penis yang sakral.

Maskapai nasional Italia Alitalia menyatakan diri bangkrut setelah 74 tahun mengudara. Para awak kabin tak hanya sedih, tetapi juga protes keras. Alitalia menutup pengalaman terbang dengan rute Cagliari-Roma. Saat itu, pesawat mendarat pada Kamis (14/10) pukul 23.00 waktu setempat.

Setelah menunaikan tugas terakhirnya, Alitalia digantikan oleh maskapai nasional baru bernama ITA. Dilansir dari Euro News, maskapai itu mendapat suntikan dana pemerintah sebesar 1,35 miliar euro.

ITA tak hanya menggantikan Alitalia tapi juga mengambil alih semua pekerjanya. Maskapai ITA sepakat untuk mempekerjakan 3.000 dari 10.000 karyawan Alitalia.

Yang membuat para pekerja marah, upah mereka dibayar dengan nilai yang jauh lebih rendah dibandingkan saat memakai seragam Alitalia. Pejabat serikat pekerja mengungkapkan kekesalan itu.

Tak mau kehilangan momen, para pramugari langsung melakukan pemogokan kerja dan aksi protes. Para pramugari turun ke jalan dengan seragam lengkap.

Saat berdiri di atas Capiton Hill, pramugari ini menurunkan tas mereka. Kemudian mulai melepas jaket dan seragam Alitalia.

Setelah baju, pramugari ini juga membuka rok mereka. Yang tersisa hanya pakaian dalam dan sepatu hak tinggi.

"Kami adalah Alitalia," ujar mereka serempak.

Para pramugari ini sepakat untuk protes soal pengambilalihan. Mereka juga menuntut agar Alitalia mau memperpanjang tunjangan pengangguran selama 5 tahun ke depan.

Selain demo pramugari, detikTravel selama bulan September juga punya berita festival unik di Jepang yang diadakan setiap tahunnya, namanya Kanamara Masuri. Festival ini dikenal juga dengan nama Festival Penis.

Namun kamu jangan berpikiran jorok dulu ya. Kanamara Masuri adalah festival sakral dimana diadakan sebagai bentuk doa kesuburan, kelancaran hubungan perkawinan dan kemakmuran bisnis lho.

Setiap tahun, tepatnya pada bulan April festival ini diadakan di Kuil Kanayama, yang terletak di halaman Kuil Wakamiya Hachimangu di Kawasaki.

Kuil Kanayama didedikasikan untuk Kanayama Hiko no Kami dan Kanayama Hime no Kami, pasangan dewa yang dirayakan sebagai pelindung dan seksualitas. Itulah sebabnya festival utama kuil ini diadakan sebagai doa untuk berkah anak-anak dan kelancaran hubungan pernikahan.

Namun, tidak hanya untuk pasangan suami istri saja yang datang ke sini. Setiap tahun, lebih dari 30.000 orang dengan berbagai latar belakang, kebangsaan, dan identitas seksual ambil bagian dalam acara ini.

Masih penasaran apa saja yang menarik selama Oktober di kanal detikTravel? Nih, kamu bisa baca lagi berita paling ramai di bulan September di detikTravel.



Simak Video "Year In Review 2021: Kilas Balik Penanganan COVID-19 di 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA