Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 06 Jan 2022 08:41 WIB

TRAVEL NEWS

Cegah Ikan Tipu-tipu, Restoran Dubai Pakai Teknologi QR

Syanti Mustika
detikTravel
5 Fakta Garis-garis Putih yang Ada pada Daging Ikan Salmon
Foto: iStock
Jakarta -

Mungkin kadang kita curiga saat makan ikan di restoran disajikan ikan yang tidak sesuai dengan pesanan kita. Dubai menghadirkan teknologi untuk mencegahnya.

Dilansir dari CNN, Kamis (6/1/2022) sebuah studi tahun 2019 oleh organisasi konservasi Oceana yang dilakukan di AS menemukan bahwa satu dari lima ikan yang diuji di restoran dan pasar diberi label yang salah.

Konsumen membayar dua kali lipat harga untuk salmon yang ditangkap dari alam, tetapi dilayani atau disajikan ikan yang diternakkan. Atau mereka mungkin mengira mereka sedang makan lobster segar, yang sebenarnya telah dibekukan selama berbulan-bulan.

Sekarang, rasa was-was itu dihentikan oleh salah satu restoran Dubai. Mereka menggunakan teknologi untuk membantu pelanggan mereka mempelajari asal usul ikan mereka, saat mereka makan.

Restoran ini bernama Rockfish, sebuah restoran Italia yang berada di tepi pantai di Dubai. Mereka memakai kode QR pada pesanan mereka.

Kode tersebut menautkan ke halaman web yang memberi tahu mereka kapan dan di mana ikan yang disajikan ditangkap. Juga bagaimana ikan itu diangkut dan memberikan sertifikasi yang diperlukan untuk memverifikasi bahwa itu berasal dari sumber yang berkelanjutan.

Koki eksekutif dapur Marco Acquaroli mengatakan ada banyak produk palsu atau penamaan palsu pada menu di seluruh dunia.

"Di sini kami mencari kesegaran, kualitas, keberlanjutan, dan ketertelusuran," ujarnya.

Restoran ini bermitra dengan Seafood Souq, pasar e-commerce yang menghubungkan pembeli dan penjual ikan dari seluruh dunia.

"Makanan laut adalah industri yang ditempa dengan tidak selalu penipuan tetapi opacity atau kegelapan dalam rantai pasokan," kata CEO dan salah satu pendiri perusahaan Sean Dennis.

"Sangat sulit bagi pembeli untuk mengetahui dari mana mereka mendapatkan makanan laut mereka," dia menambahkan.

Karena Seafood Souq melacak setiap titik di rantai pasokan, Dennis mengatakan itu bisa memberikan data yang akurat. Seafood Souq mengatakan mereka juga menyediakan pembeli seperti Rockfish dengan alat yang mereka butuhkan untuk melakukan pembelian berkelanjutan.

"Kami sangat senang sekarang," kata Acquaroli.

"Tamu-tamu kami 100% yakin di mana ikan itu berada dalam 24 jam terakhir," dia menegaskan.



Simak Video "WNI Bisa ke Arab Saudi Tanpa Karantina dan Booster Vaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA