Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 07 Jan 2022 05:02 WIB

TRAVEL NEWS

Duh! Jarang Terbang, Pilot Qantas Sering Lakukan Kesalahan

Sydney, Australia - May 5, 2014: Qantas Boeing 767 airliner taking off from Sydney Airport.
Foto: Ilustrasi Qantas (Getty Images/Ryan Fletcher)
Sydney -

Karena jarang terbang, pilot-pilot maskapai Qantas ternyata kerap berbuat kesalahan. Bahkan ada yang lupa melepas rem, padahal pesawat mau lepas landas. Duh!

Kesalahan-kesalahan pilot Qantas itu terungkap lewat sebuah memo internal yang tersebar ke media-media Australia seperti Sydney Morning Herald dan The Age. Penyebab utamanya, disinyalir karena pilot-pilot itu jarang terbang.

Dalam memo tersebut, dituliskan selama 2 tahun pandemi COVID-19 berlangsung membuat para pilot kehilangan kemampuan terbang dan kapasitas kognitifnya. Fokus para pilot dan kebiasaan mereka dalam menerbangkan pesawat juga terpengaruh.

Mick Quinn, Mantan Kepala Keamanan Penerbangan Emirates dan Manajer Investigasi Keamanan Qantas menyebut memang sangat sulit untuk para pilot kembali bertugas di balik kokpit setelah lama tidak terbang.

"Satu-satunya cara adalah dengan latihan, latihan dan latihan. Penting juga untuk patuh terhadap proses di dalam kokpit," kata Quinn seperti dikutip dari Sydney Morning Herald, Jumat (7/1/2022).

Quinn menambahkan, pilot yang lama tidak terbang berpotensi akan kehilangan resensi yaitu istilah dimana pilot akan memperoleh sejumlah persyaratan yang dibutuhkan termasuk jumlah take off dan landing untuk bisa menerbangkan pesawat komersial.

Bulan Juni lalu, pilot pesawat Boeing 787 milik Qantas membuat kesalahan karena tidak bisa memasukkan lagi bagian roda pesawat pesawatnya. Penyebabnya, mereka lupa belum mencopot 2 pin sebelum berangkat.

Kesalahan lainnya adalah para pilot Qantas salah mengidentifikasi ketinggian sebagai kecepatan udara. Sementara pilot lain salah menyalakan panel kokpit sehingga dalam posisi yang salah dan masih banyak lagi kesalahan lainnya.

Kesalahan-kesalahan minor itu jika tidak bisa diperbaiki dikhawatirkan akan berujung pada sebuah kesalahan besar yang berdampak serius pada keamanan pesawat.



Simak Video "Kapten Hanafi, dari Lulusan STM Hingga Terbang ke Daerah Konflik"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA