Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 08 Jan 2022 17:32 WIB

TRAVEL NEWS

China Buka Terowongan Air Terpanjang Miliknya

Terowongan Taihu di China, terowongan bawah air
Terowongan Taihu di China (Foto: CNN)
Jakarta -

China membuka Terowongan Taihu, terowongan bawah air terpanjang untuk ukuran Negeri Tirai Bambu. Peresmian itu setelah hampir empat tahun perjalanan konstruksi.

Diberitakan CNN, terowongan jalan raya bawah air terpanjang di China sekarang terbuka untuk lalu lintas kendaraan. Dengan panjang 10,79 kilometer, Terowongan Taihu membentang di bawah Danau Taihu di Provinsi Jiangsu, Tiongkok timur, sekitar 50 kilometer timur Shanghai.

Menurut pejabat pemerintah di Jiangsu, Terowongan Taihu itu dibangun dengan biaya 9,9 miliar yuan. Konstruksinya dimulai pada 9 Januari 2018.

Lebih dari 2 juta meter kubik beton digunakan untuk membangun terowongan dua arah, yang memiliki enam jalur dan lebar 17,45 meter, lapor kantor berita resmi China, Xinhua.

Langit-langit terowongan telah dilengkapi dengan lampu LED warna-warni, yang dirancang untuk mencegah kelelahan pengemudi.

Terowongan Taihu di China, terowongan bawah airTerowongan Taihu di China, terowongan bawah air (Foto: CNN)

Terowongan Taihu ini merupakan bagian dari Jalan Raya Changzhou-Wuxi sepanjang 43,9 kilometer, yang dibuka untuk umum pada 30 Desember 2021. Terowongan ini menyediakan jalan bebas hambatan alternatif bagi para pelancong yang melakukan perjalanan antara Shanghai dan Nanjing, ibu kota Jiangsu.

Menghubungkan jalan tol Suzhou, Wuxi dan Changzhou, dibangun untuk mengurangi tekanan lalu lintas di kota-kota di sebelah Danau Taihu sambil mempromosikan pembangunan ekonomi kota-kota di daerah Delta Sungai Yangtze.

Terowongan Taihu bersaing dengan rekan-rekan globalnya? Terowongan jalan raya terpanjang di dunia yang sedang berlangsung pembangunanya adalah terowongan Ryfast sepanjang 14,3 kilometer di Norwegia, yang membentang antara Kota Stavanger dan kota madya Strand.

Bagian terowongan bawah air dari Tokyo Bay Aqua-Line, jalan raya kendaraan yang melintasi di bawah Teluk Tokyo, memiliki panjang 9,6 kilometer.

Namun, dalam hal terowongan bawah air secara umum, penghargaan tertinggi diberikan kepada Terowongan Channel, yang menghubungkan Inggris dan Prancis dengan jalur kereta api di dalamnya.

Bagian terendamnya membentang sepanjang 37,9 kilometer, terowongan bawah air terpanjang di dunia.



Simak Video "China Perketat Keamanan Usai Protes Lockdown Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA