Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 09 Jan 2022 14:35 WIB

TRAVEL NEWS

Terapi Murah untuk Orang Kesepian: Jalan-jalan di Alam

Putu Intan
detikTravel
Sejumlah Ruang Terbuka Hijau di Ibu Kota kembali dibuka untuk umum usai Jakarta terapkan PPKM Level 2. Salah satu taman yang kembali buka adalah Taman Suropati.
Taman Suropati. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Kamu merasa kesepian? Coba deh rileks sejenak di tengah alam. Ini bisa mengobati rasa kesepianmu tanpa bikin kantong jebol.

Salah satu masalah yang kerap dialami masyarakat perkotaan adalah kesepian. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 di mana interaksi antarmanusia menjadi terbatas, perasaan kesepian kerap kali mengganggu produktivitas hingga kesehatan mental.

Namun jangan khawatir. Menurut penelitian, memanjakan diri di tengah alam dapat menjadi solusi agar kamu tak kesepian.

Penelitian ini dilakukan ilmuwan Inggris yakni Profesor Andrea Mechelli dari King's College London dan rekannya. Studi itu sudah dipublikasikan di Scientific Reports.

Para ilmuwan ini mengumpulkan 756 responden di seluruh dunia. Data-data dikumpulkan melalui aplikasi Urban Mind.

Melalui penelitian itu, responden ditanyai tentang lingkungan sosial mereka, tingkat kesepian dan interaksi sosial mereka, dan frekuensi kontak mereka dengan alam. Informasi tersebut dikumpulkan pada tiga waktu acak dalam sehari selama 15 hari.

Hasil studi menemukan bahwa perasaan sesak meningkatkan perasaan kesepian pada responden sebesar 39 persen. Tetapi ketika mereka dapat berkontemplasi di tengah pepohonan atau mendengarkan kicauan burung, perasaan kesepian berkurang 28 persen.

Di samping itu, interaksi dengan orang lain dan perasaan terhubung secara sosial juga berkontribusi menurunkan kesepian sebesar 21 persen. Ketika ketiga faktor tadi digabungkan, efek positifnya akan meningkat sebesar 18 persen.

Mechelli mengungkapkan gabungan beberapa faktor ini menantang gagasan bahwa lingkungan perkotaan secara intrinsik buruk bagi kesehatan mental.

"Mungkin ada aspek-aspek seperti fitur alam dan inklusivitas sosial yang sebenarnya dapat mengurangi kesepian," katanya seperti dikutip dari The Guardian.

Liburan tengah alam ini juga bukan berarti kamu harus jauh-jauh pergi ke hutan atau pantai. Dengan menghabiskan waktu di taman kota yang biayanya gratis, juga dapat membantu mengobati kesepianmu.



Simak Video "Mengapa Seseorang Mengalami Gangguan Bipolar?"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA