Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 10 Jan 2022 18:15 WIB

TRAVEL NEWS

Laris Manis, 90% Kamar Hotel Sudah Dipesan saat MotoGP Mandalika

Putu Intan
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno. Foto: Putu Intan/detikcom
Jakarta -

Masyarakat antusias untuk menonton ajang balap motor MotoGP Mandalika. Ini dibuktikan dengan pemesanan kamar hotel yang tinggi.

MotoGP Mandalika bakal digelar pada 18-20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Lokasi ini berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tinggal hitungan bulan, masyarakat baik dalam negeri maupun luar negeri berbondong-bondong memesan akomodasi. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melaporkan, kamar hotel di Mataram nyaris penuh.

"Menurut Asosiasi Hotel Mataram, per tanggal 3 Januari 2021, kamar hotel di Mataram sudah terpesan 90 persen untuk keperluan akomodasi MotoGP 2022," kata Sandiaga di hadapan media, Senin (10/1/2021).

Mataram yang merupakan ibu kota NTB itu memiliki 2.758 kamar hotel yang siap menyambut tamu MotoGP Mandalika. Sandiaga juga menyampaikan, tren positif ini akan terlihat di Lombok yang menjadi lokasi perhelatan balap motor itu.

"Pemerintah daerah NTB memprediksi okupansi hotel di Lombok sepanjang penyelenggaraan MotoGP mencapai 100 persen," ujarnya.

Melihat antusiasme ini, Sandiaga mengatakan bahwa pemerintah akan mendorong kecukupan akomodasi untuk menampung para penonton. Berdasarkan penghitungan per Desember 2021, jumlah akomodasi termasuk hotel hingga hunian di desa wisata Lombok adalah 23.000 unit.

Pemerintah juga telah membangun 300 homestay yang saat ini sedang diproses untuk mendapatkan sertifikat CHSE. Selain itu, kawasan Gili Tramena juga akan dimaksimalkan potensinya, termasuk menyiapkan akomodasi siap huni untuk penonton MotoGP Mandalika.

Sementara itu, Sandiaga memberikan beberapa solusi bagi penonton MotoGP yang tak kebagian hotel di Lombok. Ia mengatakan, penonton dapat menikmati Bobocabin dari Bobobox dan glamping dari Eiger. Bagi yang ingin menikmati pengalaman baru juga bisa menginap di kapal pesiar atau kapal pinisi.

Penonton juga dapat menginap di Bali. Di sana terdapat berbagai pilihan hotel bintang lima dan vila.

Sebelumnya, Sandiaga menyebut penonton MotoGP diproyeksikan mencapai 100 ribu orang. Dari jumlah tersebut, penonton dalam negeri masih akan mendominasi.



Simak Video "Respons Sandiaga Uno Soal MotoGP Terancam Batal"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA