Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 10 Jan 2022 20:05 WIB

TRAVEL NEWS

Ashanty Positif Omicron, Sandiaga Imbau Masyarakat Tak ke Luar Negeri

Putu Intan
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno. Foto: Putu Intan/detikcom
Jakarta -

Artis Ashanty dikabarkan terinfeksi Omicron usai liburan dari Turki. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno minta masyarakat tak liburan ke luar negeri.

Sandiaga menyampaikan saat ini terjadi peningkatan kasus Omicron di Indonesia. Sampai hari Sabtu (8/1/2022) terdapat 414 orang yang positif Omicron.

"Dari 414 orang, sebanyak 31 orang dengan kasus transmisi lokal. Sisanya merupakan pelaku perjalanan luar negeri. Selain itu, kebanyakan yang terinfeksi Omicron adalah mereka yang sudah divaksinasi lengkap," kata Sandiaga kepada media, Senin (10/1/2022).

Melihat kondisi ini, Sandiaga menekankan agar masyarakat menunda liburan ke luar negeri. Ia juga mengapresiasi sejumlah figur publik yang membatalkan perjalanan ke luar negeri untuk mencegah penularan Omicron.

"Pemerintah terus mengimbau kepada masyarakat agar tak ke luar negeri dahulu mengingat Omicron memiliki tingkat penularan yang lebih cepat dibandingkan varian yang ada," ujar Sandiaga.

Sementara itu, bagi WNI yang datang dari luar negeri, Sandiaga juga mengimbau agar menaati aturan yang ditetapkan Satgas COVID-19. Aturan itu termasuk karantina dan kewajiban RT-PCR. Di samping itu, saat ini pemerintah juga melarang masuknya warga dari 14 negara.

"Pemerintah dan Satgas COVID-19 di daerah diimbau menggencarkan testing, tracing, dan treatment agar menghindari lonjakan kasus Omicron," kata dia.

Sebelumnya, Satgas COVID-19 menyatakan enam dari 13 anggota rombongan keluarga Ashanty yang datang dari Turki positif COVID-19.

"Tadi saya sampaikan ada enam anggota keluarga dalam satu rombongan itu dinyatakan positif hasil PCR nya. Keenamnya sekarang sudah dibawa ke salah satu rumah sakit swasta yang jadi RS rujukan," ujar Hery Trianto, Kabid Komunikasi Publik Satgas COVID-19, Jumat (7/1).



Simak Video "Konten Kreatif Bantu Promosi Desa Wisata, Sandiaga Benahi Jaringan Internet"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA