Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Jan 2022 09:07 WIB

TRAVEL NEWS

Jokowi Akan Tinjau Persiapan MotoGP, Sandiaga Uno Kerahkan UMKM

Syanti Mustika
detikTravel
Sandiaga Uno
Foto: (dok. Kemenparekraf)
Jakarta -

Jelang perhelatan MotoGP yang digelar 18-20 Maret 2022 mendatang, beragam persiapan kini tengah dikebut pemerintah. Kementerian dan lembaga hingga pemerintah daerah kini tengah berkolaborasi dalam mensukseskan ajang balap bergengsi dunia.

Sejumlah persiapan, khususnya mitigasi COVID-19 diungkapkan Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menjadi fokus utama.

Sebab, terkendalinya covid-19 menjadi kunci utama digelarnya beragam kegiatan yang dilaksanakan bersamaan dengan MotoGP Mandalika 2022.

"Kami terus persiapkan dan dari sembilan isu utama, kami melihat ada progress yang signifikan," ungkap Sandiaga Uno bersama Ketua Komandan Lapangan MotoGP, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto ketika meninjau Sirkuit Mandalika, Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada Selasa (11/1/2022).

Selain itu, lanjutnya, sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), persiapan matang diharapkan mampu memberikan manfaat langsung kepada masyarakat, khususnya masyarakat setempat di sekitar kawasan Mandalika.

Sebab, pihaknya telah menyusun sejumlah side event, mulai dari atraksi budaya, seni maupun kunjungan ke desa wisata maupun sentra ekonomi kreatif di sekitar Lombok.

"Rencananya Bapak Presiden akan meninjau langsung kesiapan dari MotoGP yang akan menjadi simbol kebangkitan kita, kebangkitan ekonomi tentunya dalam lingkup protokol kesehatan," ungkap Sandiaga Uno.

"Satu hal yang diingatkan tadi, MotoGP ini sangat bermanfaat bagi ekonomi setempat, terutama UMKM," tambahnya.

Terkait UMKM, Sandiaga Uno mengaku telah berkoordinasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia dan Bank Indonesia yang akan menggandeng UMKM terbaik se-Nusantara.

"Mengenai UMKM kita sudah berbagi tugas, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang akan menangani sisi digitalnya, sementara Kementerian Koperasi UMKM akan menangani sisi physical," ungkap Sandiaga Uno.

"Ini dikurasi oleh Bank Indonesia, jadi semuanya akan dilibatkan, UMKM NTB, UMKM Indonesia dan UMKM dari lima Destinasi Super Prioritas," paparnya.



Simak Video "Sandiaga: MotoGP Bisa Bangkitkan Ekonomi-Buka Lapangan Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA