Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 12 Jan 2022 22:45 WIB

TRAVEL NEWS

Dari Tari hingga Alat Musik, Ini 6 Keberagaman Budaya Indonesia

Tim detikcom
detikTravel
Keragaman budaya Indonesia dari busana Puteri Indonesia 2020
Foto: (officialputeriindonesia/instagram)
Jakarta -

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagaman. Simak contoh keberagaman Indonesia berikut ini.

Mengutip situs Kementerian Luar Negeri, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan 17.508 pulau dengan lebih dari 360 suku bangsa. Inilah yang membuat Indonesia kaya akan keberagaman budaya dan tradisi. Selain itu pemandangan Indonesia yang indah juga membuat banyak turis asing mendatangi negara ini.

Keanekaragaman di Indonesia mencetuskan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetap satu. Meskipun ada beragam suku, budaya, agama dan golongan, Indonesia tetaplah satu kesatuan.

Melansir buku bertajuk Wahana Ilmu Pengetahuan Sosial oleh Tim Pena Cendekia, berikut adalah contoh keberagaman budaya Indonesia:

1. Adat Istiadat

Adat Istiadat merupakan tata kelakuan yang kekal dan diwariskan turun menurun dari generasi ke generasi secara kuat dan menyatu dengan pola perilaku masyarakat.

Di beberapa wilayah, adat istiadat masih dipegang kuat oleh warganya. Misalnya upacara ngaben yang biasa diselenggarakan di Bali.

2. Rumah Adat

Rumah adat merupakan tempat diselenggarakannya upacara adat istiadat. Bentuknya menunjukkan ciri khas kehidupan penduduk di sebuah daerah.

Nah contoh rumah adat adalah Rumah Kebaya dari Betawi atau rumah panggung di Kalimantan.

3. Tarian Daerah

Indonesia memiliki beragam tarian daerah. Satu daerah mempunyai macam-macam tarian adat, misalnya tarian untuk menyambut tamu agung, menyambut panen, upacara kematian, upacara keagamaan dan sebagainya.

Contoh dari tarian daerah misalnya, tari tortor dari Sumatra Utara dan tari kecak dari Bali.

4. Alat Musik Daerah

Setiap daerah mempunyai alat musik dengan ciri khas masing-masing. Misalnya, kolintang dari Minahasa, Sulawesi Utara, Saluang dari Minangkabau di Sumatera Barat, Pantin di daerah Tapin, Kalimantan Selatan.

5. Senjata Tradisional

Mengutip CNN Indonesia, senjata tradisional tidak hanya digunakan sebagai alat berlindung dari serangan musuh tapi juga saat dan berburu.

Senjata tradisional menjadi identitas bangsa yang menjadi salah satu aspek dalam memperkaya kebudayaan nusantara. Contoh dari senjata tradisional khas Indonesia adalah golok dari Betawi, kujang dari Jawa Barat dan celurit dari Madura.

6. Pakaian Adat

Pakaian adat tradisional berfungsi untuk mengekspresikan identitas suatu daerah. Pakaian adat biasanya digunakan untuk acara sehari-hari ataupun upacara adat.

Contoh dari pakaian adat adalah baju bodo khas Bugis, ulos khas Sumatra Utara, dan Kebaya Jawa dengan jarik batik khas Jawa Tengah.



Simak Video "Mengunjungi Kekayaan Budaya Aceh di Anjungan Adat Gayo Lues"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA