Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 26 Des 2021 06:11 WIB

TRAVEL NEWS

Desa Wisata, Masa Depan Pariwisata Indonesia

Taufan Rahmadi
detikTravel
Sunset romantis dari Embung Nglanggeran
Foto: Ilustrasi Nglanggeran (Muhammad Idris/d'Traveler)
Jakarta -

Desa wisata diprediksi akan jadi masa depan pariwisata Indonesia. Tidak salah karena memang potensinya yang masih sangat besar.

Salah satu bukti nyata adalah terpilihnya Desa Wisata Nglanggeran sebagai Best Tourism Village 2021 dalam ajang yang diselenggarakan oleh Organisasi Pariwisata Dunia di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO).

Saya pun sangat mengapresiasi kunjungan ke Desa-desa Wisata yang dilakukan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam rangka Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Kunjungan tersebut adalah strategi membangun Indonesia seperti yang dicita-citakan oleh Bapak Prsiden Jokowi yakni Membangun dari Pinggiran. Pada masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, saya sangat meyakini bahwa trend berwisata di Indonesia adalah dengan mengunjungi destinasi-destinasi terdekat yang salah satunya adalah Desa Wisata.

Menparekraf Sandiaga Uno sendiri sudah mengucapkan banyak janji manis untuk memajukan desa wisata Indonesia. Saya mencatat beberapa di antaranya:

Janji-janji Sandiaga Uno untuk Desa Wisata Indonesia

1. Saat berkunjung ke Desa Wisata Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (1/4/2021), Menparekraf Sandiaga Uno berjanji akan memprioritaskan pengembangan desa wisata sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat setempat sekaligus untuk menyokong destinasi wisata unggulan serta mengadakan program-program pendampingan SDM

2. Menparekraf Sandiaga Uno melakukan visitasi ke Desa Wisata Gampong Nusa, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Rabu (20/10/2021). Dia mengatakan Kemenparekraf akan menyusun program, yang nantinya akan di diskusikan dengan pak bupati dan jajaran, serta BI (Bank Indonesia) untuk merencanakan desa wisata kebencanaan ini dengan BMKG dan Jepang, yang memilik program serupa.

3. Berkunjung ke Desa Wisata Apar, Kota Pariaman, Sumatra Barat (27/8/2021) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno berjanji menyediakan akses internet gratis selama satu tahun di Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

4. Pada kunjungannya ke rumah kelahiran Buya Hamka di Desa Wisata Sungai Batang, Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Jumat (27/8/2021), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berjanji akan mengajak para duta besar Indonesia di kawasan ASEAN untuk menggelar konferensi tingkat tinggi (KTT) di kawasan Danau Maninjau, Sumatera Barat.

5. Berkunjung ke Desa Wisata Saribu Gonjong, Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat (28/8/2021) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berjanji akan membantu perbaikan infrastruktur dan penguatan digitalisasi di Desa Wisata tersebut.

Selanjutnya: Janji Sandiaga Uno untuk Desa Wisata

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
BERITA TERKAIT
BACA JUGA