Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 13 Jan 2022 12:40 WIB

TRAVEL NEWS

Saat Menara 1 Miliar Dollar Tenggelam Secara Perlahan

Millenium Tower
Foto: Millenium Tower (AP)
San Francisco -

Sebuah menara 58 lantai berdiri dengan megah di kota San Francisco. Namun tak banyak orang tahu, menara senilai 1 Miliar Dollar itu tenggelam perlahan-lahan.

Millenium Tower, itulah nama menara yang tengah menghadapi permasalahan serius tersebut. Diluncurkan pada tahun 2009, Millenium Tower sangat nge-hits pada masanya.

Terdiri dari 58 lantai, Millenium Tower didesain dengan sangat mewah. Para konglomerat dari berbagai penjuru Negeri Paman Sam berbondong-bondong untuk membeli unit apartemen di Millenium Tower.

Dilansir dari AP, Kamis (13/1/2022), dari total 400 unit apartemen yang tersedia di menara ini semuanya ludes terjual, menghasilkan uang lebih dari 1 Miliar Dollar atau setara Rp 14 Triliun jika dirupiahkan.

Namun seiring berjalannya waktu, Millenium Tower terpaksa harus mengalami kenyataan pahit bahwa menara itu secara perlahan tenggelam ke dalam tanah karena berbagai masalah, terutama masalah teknis, alam dan konstruksi bangunan.

Apalagi, kota San Francisco berdiri di atas jalur patahan San Andreas yang ternyata rawan gempa. Para insinyur menyebut Millenium Tower akan menghadapi masalah yang sangat serius bila tidak segera ditangani.

Selain tenggelam ke dalam permukaan tanah, Millenium Tower juga mengalami kemiringan hingga 7,5 centimeter setiap tahunnya. Menurut perhitungan para insinyur, setiap menara tenggelam 2,5 centimeter ke dalam tanah, maka menara akan miring sejauh 13 centimeter pada bagian puncaknya.

Jika tidak segera diperbaiki, kemiringan gedung itu akan membuat lift dan sistem pompa air berhenti beroperasi. Untuk mengatasi masalah itu, para insinyur di San Francisco telah menanamkan 18 pilar beton tambahan di bagian pondasi bangunan supaya mencegah menara tersebut lebih miring lagi dan jadi lebih aman.

Dari yang semula jadi hunian primadona para konglomerat, kini Millenium Tower ditinggalkan penghuninya. Menara 1 Miliar Dollar itu sekarang tidak ada harganya, paling hanya beberapa dollar saja.



Simak Video "Sederet Fakta Kecelakaan Maut di Depan Menara Saidah"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA