Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 13 Jan 2022 13:40 WIB

TRAVEL NEWS

Pemilik Homestay Pasang Tarif Rp 150-300 Ribu Untuk Penonton MotoGP Mandalika

Faruk Nickyrawi
detikTravel
Bantuan Pemerintah bagi Usaha Pariwisata (BPUP) tahun 2021 bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. Pelaku parekraf yang mendapatkan bantuan adalah pelaku usaha 6 jenis usaha yaitu agen perjalanan wisata, biro perjalanan wisata, spa, hotel melati, homestay, dan penyediaan akomodasi lainnya.
Foto: Hometsay di Mandalika (dok. Kemenparekraf)
Lombok -

Bagi penonton MotoGP Mandalika yang bingung dimana tempat untuk menginap, ada homestay di sekitar kawasan Mandalika. Tarifnya mulai Rp 150-300 ribu per malam.

Namun harga homestay tersebut bisa jadi mahal, tergantung dengan fasilitas dan pelayanan yang ditawarkan.

"Harga untuk homestay berkisar antara Rp 150 - 300 ribu. Tergantung fasilitas dan pelayanannya," ungkap ketua asosiasi Kelompok Sadar Wisata NTB, Lalu Sapta Setiawan, dalam keterangannya kepada detikTravel, Kamis (13/1/2021).

Dikatakan Lalu, tidak diketahui pasti sudah berapa banyak homestay yang telah dibooking para pecinta MotoGP Mandalika hingga saat ini. Namun Lalu Sapta memastikan ada banyak homestay yang tersedia untuk para penonton.

"Belum ada angka yang pasti terkait berapa sebenarnya homestay yang sudah dibooking. Mengenai tarif, tentunya beragam sesuai dengan fasilitas dan pelayanannya," tegas Lalu Sapta.

Lalu juga mengakui terkait beredarnya rumor soal tarif homestay dan tarif transportasi yang sangat tinggi. Namun untuk memastikan itu, para penawar jasa (pengelola homestay) yang tahu kepastiannya.

"Saat ini kita semua lagi bahu-membahu untuk memberikan solusi kepada pengunjung yang tidak atau belum dapat akomodasi. Homestay yang berbasis rumah-rumah warga di pasarkan juga pun dengan lokasi camping ground yang banyak tersebar di Desa Wisata," ujarnya.

Sebelumnya, Menparekraf Sandiaga Uno sudah menyampaikan bahwa kamar hotel di Mataram nyaris penuh menjelang gelaran MotoGP Mandalika. Total ada 2.758 kamar hotel yang ada di Mataram.

"Menurut Asosiasi Hotel Mataram, per tanggal 3 Januari 2021, kamar hotel di Mataram sudah terpesan 90 persen untuk keperluan akomodasi MotoGP 2022," kata Sandiaga Uno di hadapan media, Senin (10/1/2021).

Simak Video 'Jokowi Harap 300 Homestay di Mandalika Terisi Saat Ada MotoGP':

[Gambas:Video 20detik]



(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA