Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 14 Jan 2022 09:11 WIB

TRAVEL NEWS

Catat, Ini Faktor Penyebab Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia

Tim detikcom
detikTravel
Keragaman budaya Indonesia dari busana Puteri Indonesia 2020
Foto: Ilustrasi keberagaman di Indonesia (officialputeriindonesia/instagram)
Jakarta -

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagaman suku bangsa dan budayanya. Apa saja sih yang menjadi faktor keberagaman tersebut?

Keberagaman yang ada di Indonesia tak selalu dimiliki oleh negara lain. Menurut Dr. H. Sutirna, S.Pd., M.Pd dalam buku Pendidikan Lingkungan Sosial, Budaya, dan Teknologi, ada 5 faktor penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya masyarakat Indonesia. Simak ya!

1. Letak Strategis Wilayah Indonesia

Negara Indonesia terletak di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia dan di antara benua Asia dan Australia. Nah, letak Indonesia inilah yang menjadi perdagangan internasional.

Lintas perdagangan pun tak hanya membawa komoditas dagang, namun juga pengaruh kebudayaan luar pada budaya Indonesia. Selain itu, kedatangan bangsa asing yang memiliki ras berbeda juga mempengaruhi keragaman ras, agama dan kepercayaan masyarakat Indonesia.

2. Kondisi Negara Kepulauan

Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang terpisah. Hal ini menyebabkan sulitnya hubungan antar masyarakat dari pulau satu ke pulau lain.

Namun, di satu sisi, masyarakat tiap pulau mengembangkan budayanya masing-masing, sesuai tingkat kemajuan dan lingkungannya. Kondisi ini pun menyebabkan adanya keragaman suku bangsa, bahasa, budaya peran laki-laki dan perempuan, kepercayaan, ras hingga agama di Indonesia.

3. Kondisi Alam

Perbedaan masyarakat juga disebabkan oleh kondisi alam yang berbeda, seperti daerah pantai, pegunungan, dataran rendah, rawa hingga laut. Selain itu, kondisi kekayaan alam, tanaman yang dapat tumbuh serta hewan di sekitarnya turut berpengaruh.

Misalnya, masyarakat pantai punya bentuk rumah, makanan pokok, pakaian, kesenian hingga kebudayaan berbeda dengan masyarakat yang tinggal di pegunungan.

4. Transportasi dan Komunikasi

Untuk traveler ketahui, kemajuan transportasi dan komunikasi mendukung adanya pertukaran budaya dari beragam wilayah di Indonesia. Sama pula, transportasi dan komunikasi terbatas juga mendukung keberagaman di Indonesia.

5. Penerimaan masyarakat

Sikap masyarakat terhadap hal-hal baru, termasuk budaya dari luar juga mempengaruhi keberagaman masyarakat di Indonesia. Misalnya, sebagian masyarakat perkotaan mudah menerima orang atau budaya asing, sementara, ada juga sebagian masyarakat yang tetap bertahan dengan budayanya.



Simak Video "Geliat Makassar Bangkitkan Pariwisata Sekaligus Pupuk Cinta Budaya"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA