Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 15 Jan 2022 06:41 WIB

TRAVEL NEWS

Jepang dan Singapura Pemilik Paspor Terkuat, Indonesia Peringkat Berapa?

Femi Diah
detikTravel
Ilustrasi Paspor Indonesia
Foto: detikcom/Ari Saputra
Jakarta -

Jepang dan Singapura menjadi negara dengan paspor paling kuat di dunia pada 2022. Bagaimana dengan paspor Indonesia?

Peringkat paspor terkuat di dunia itu dibuat oleh perusahaan penasihat kewarganegaraan dan tempat tinggal global yang berbasis di London, Henley Passport Index. Pemegang paspor Jepang dan Singapura menjadi traveler paling leluasa memasuki negara tujuan, yakni sampai 192 destinasi berbeda di seluruh dunia tanpa visa.

Kemudian, di peringkat lima besar lain secara beruntun ditempati oleh Jerman dan Korea Selatan yang bisa memasuki 190 negara tanpa visa, disusul oleh Finlandia, Italia, Luxembourg, dan Spanyol (189 negara), disusul Austria, Denmark, Prancis, Belanda, dan Swedia (188), serta Irlandia dan Portugal, yang sama-sama bisa memasuki 187 negara tanpa visa.

Henley Passport Index menggunakan data dari Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) untuk menyusun peringkatnya. Daftar ini dibuat tanpa memperhitungkan pembatasan sementara karena Covid-19, sehingga mengesampingkan akses perjalanan aktual saat ini.

Di mana peringkat paspor Indonesia? Indonesia naik menjadi peringkat ke-72 saat ini. Pemegang paspor Indonesia bisa memasuki 71 negara bebas visa. Sebelumnya Indonesia berada di peringkat 78 dengan 68 negara bebas visa.

Di peringkat akhir, ada negara-negara seperti Afghanistan. Pemegang paspor Afghanistan pemegang paspor hanya dapat memasuki 26 tujuan bebas visa.



Simak Video "Masa Berlaku Paspor Diperpanjang Jadi 10 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA