Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 15 Jan 2022 20:43 WIB

TRAVEL NEWS

Penataan Concourse Borobudur Tak Salahi Aturan

Putu Intan
detikTravel
Wisatawan berada di zona 2 kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (24/6/2021). Menindaklanjuti surat edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 9 Tahun 2021 tentang kebijakan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan dan penanganan COVID-19, Balai Konservasi Borobudur (BKB) menutup sementara kawasan zona 1 Candi Borobudur mulai tanggal 23 Juni sampai 2 Juni mendatang.  ANTARA FOTO/Anis Efizudin/rwa.
Candi Borobudur. Foto: ANTARA FOTO/ANIS EFIZUDIN
Magelang -

Menparekraf Sandiaga Uno mengapresiasi penataan concourse di Candi Borobudur. Menurutnya pembangunan ini sudah sesuai aturan.

Sandiaga mendukung penataan kawasan Borobudur, yang merupakan kawasan strategis pariwisata nasional oleh Kementerian PUPR. Di antaranya, penataan concourse pada zona 2 Candi Borobudur. Itu dikatakannya akan menambah kenyamanan wisatawan dalam berkunjung ke Candi Borobudur.

"Saya pastikan bahwa pembangunan ini tidak menyalahi guidance, tidak menyalahi kaidah, dan ini kita lakukan sepenuhnya dengan konsultasi terhadap pihak-pihak yang berkompeten. Jadi, dapat kita pastikan bahwa pembangunan ini semua dalam lingkup koridor yang sudah ditetapkan melalui pelestarian Borobudur," kata Sandiaga.

Kepala Balai Konservasi Borobudur, Wiwit Kasiyati, menyebut nantinya wisatawan memang akan dapat berkunjung hingga ke struktur terbatas Candi Borobudur dengan jumlah terbatas serta menggunakan sandal khusus. Namun, untuk waktu tepatnya, masih akan ditentukan lebih lanjut.

"Karena, masih ada yang harus diselesaikan untuk kita membuka Candi Borobudur untuk bisa naik ke struktur terbatas pengunjungnya," kata Wiwit.

Concourse adalah area terbuka yang merupakan jalan utama dari pintu utama ke halaman Candi Borobudur di sisi timur. Concourse di Candi Borobudur tersusun dari batu andesit dengan taman di tengahnya sebagai pembatas jalan.

Dikutip dari situs Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, pembangunan concourse dan plaza di kompleks Candi Borobudur dilakukan untuk mengurangi beban batuan Candi Borobudur. Sebagai destinasi superprioritas, wilayah itu harus diimbangi dengan penyelamatan bangunan cagar budaya.

Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan, Prasarana, Permukiman Wilayah Satu BBPW Jawa Tengah Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Dwiatma Singgih Raharja Sabaris, mengatakan secara teknis jalur concourse dan plaza tersebut bertujuan agar beban candi dapat terbagi, karena keramaian akan terpecah.



Simak Video "Kemenparekraf Siapkan Peta Jalan-Desa Wisata di Area Candi Borobudur"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA