Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 16 Jan 2022 21:20 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenal Cele, Pakaian Adat Motif Kotak-Kotak dari Kranggan

Sedekah Bumi di Kranggan
Foto: Sedekah Bumi Ngarak Kebo Bule di Kranggan (Tasya Khairally/detikcom)
Bekasi -

Dalam pelaksanaan ritual sedekah bumi di Kranggan, banyak warga yang mengenakan pakaian adat berwarna hitam putih. Ternyata ada makna di balik warna tersebut.

Kranggan melaksanakan ritual Sedekah Bumi Ngarak Kebo Bule dalam delapan tahun sekali. Di dalamnya terdapat arak-arakan hingga makan dan doa bersama.

Ada yang menarik dari kegiatan ini, pakaian adat yang dikenakan berwarna hitam putih dengan motif kotak-kotak. Pakaian ini bernama Cele.

Sedekah Bumi di KrangganSedekah Bumi di Kranggan Foto: (Tasya Khairally/detikcom)

"Cele ini adalah memaknai hitam dan putih, putih itu lambang kesucian, hitam adalah lambang kedewasaan," kata Tokoh Adat setempat, Anim Imanudin kepada detikcom.

"Ini terbuat dari kotak kotak karena pasti di dunia ini semua ada berbeda beda dan berpasang pasangan ada hitam ada putih ada baik ada buruk ada siang ada malam ada wanita ada pria semua berpasang-pasangan dan memang kita hidup ini diciptakan untuk berbeda sehingga bagaimana kita selalu memahami dan bersama dalam perbedaan," tambahnya.

"Tapi kita harus bersatu NKRI dan Pancasila, lambangnya ini kotak kotak, maknanya begitu, nggak sembarangan," katanya.

Ritual Sedekah Bumi Ngarak Kebo Bule sendiri dilaksanakan selama tiga hari tiga malam. Menurut tokoh adat, tujuannya adalah sebagai rasa syukur dan memanjatkan doa pada yang Maha Kuasa.

"Selama 8 tahun perputaran dalam satu windu, kita bersyukur pada yang maha kuasa. Nikmat yg begitu banyak yang diberikan, rezeki dan sebagainya dan juga tanaman yang berlipat ganda juga kepada kita rasa syukur ini sampai kita menanam kebo bule kita makam kan di sini, kata Anim.



Simak Video "Suasana Gelaran Sedekah Bumi di Bekasi yang Digelar Sewindu Sekali"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA