Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Jan 2022 14:10 WIB

TRAVEL NEWS

Batas-batas Wilayah Indonesia Secara Astronomis

Tim detikcom
detikTravel
Peta Indonesia di Kawasan TMII
Foto: iStock
Jakarta -

Indonesia merupakan negara yang sangat luas. Coba ingat lagi, seperti apa batas wilayah Indonesia secara astronomis?

Posisi Indonesia secara geografis dan astronomis merupakan pengetahuan dasar yang sering kita dengarkan waktu SD. Nah, letak astronomis merupakan posisi suatu wilayah berdasarkan koordinat garis lintang dan garis bujur. Berdasarkan posisi bujurnya, Indonesia terletak di belahan bumi Timur.

Secara astronomis Indonesia terletak di 95° sampai dengan 141° Bujur Timur serta 6° Lintang Utara sampai 11° Lintang Selatan. Hal itu ditandai dengan seluruh wilayah Indonesia berada di iklim tropis.

Memiliki 3 Waktu

Dampak letak astronomis Indonesia menyebabkan adanya perbedaan waktu di wilayah Indonesia yakni WIB, WIT, dan WITA.

Adapun, batas garis bujur mengakibatkan Indonesia juga terbagi atas tiga waktu, yakni wilayah waktu Indonesia Barat (WIB) yang berbatasan dengan garis bujur 105 ° dan memiliki perbedaan waktu +7 terhadap GMT (Greenwich Mean Time).

Kemudian, ada juga wilayah waktu Indonesia Tengah (WITA) yang berbatasan dengan garis bujur 120° dan memiliki perbedaan waktu +8 terhadap GMT (Greenwich Mean Time), serta wilayah waktu Indonesia Timur (WIT) yang berbatasan dengan garis bujur 135° memiliki perbedaan waktu +9 terhadap GMT (Greenwich Mean Time).

Memiliki 2 Musim

Selain perbedaan waktu, letak astronomis Indonesia menyebabkan adanya dua musim, yakni kemarau dan hujan. Hal itu juga dikarenakan karena Indonesia berada di garis Khatulistiwa yang berbeda dengan negara lain yang memiliki empat musim, panas, gugur, dingin, dan semi.

Keanekaragaman Flora dan Fauna

Dengan berada di garis Khatulistiwa tersebut, Indonesia memiliki suhu udara, curah hujan, kelembaban yang rata-rata tinggi, serta terjadinya hujan zenithal.

Iklim tropis yang terbentuk di wilayah Indonesia juga menyebabkan adanya keanekaragaman flora dan fauna di beberapa wilayah. Bahkan banyak muncul spesies langka yang hanya ada di Indonesia.

Itulah dampak letak Indonesia secara astronomis terhadap waktu, musim, dan keanekaragaman flora-fauna.



Simak Video "Masjid Agung Tanara, Saksi Bisu Perjalanan Hidup Syekh Nawawi, Banten"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA