Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Jan 2022 19:15 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Minta Pemilik Homestay Tak Getok Harga untuk MotoGP Mandalika

Putu Intan
detikTravel
Menjelang balapan MotoGP yang akan berlangsung pada 18-20 Maret mendatang di Kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat, hotel-hotel sudah hampir ludes. Homestay jadi andalannya. Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi salah satu homestay di sana
Menparekraf Sandiaga Uno saat meninjau kesiapan homestay di Mandalika (dok Kemenparekraf)
Jakarta -

Homestay menjadi pilihan akomodasi yang dapat digunakan penonton MotoGP 2022 di Mandalika. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berharap harga sewa tak terlalu mahal.

Antusiasme penonton MotoGP 2022 mulai terlihat. Kapasitas penonton yang semula 63.000 ditambah menjadi 100.000 orang.

Terkait dengan hal itu, akomodasi untuk menampung penonton juga harus disiapkan. Salah satu alternatifnya adalah homestay milik masyarakat.

"Rumah penginapan atau homestay menjadi salah satu alternatif fasilitas akomodasi yang bisa dipilih oleh para penonton MotoGP Mandalika. Masyarakat setempat pun bisa membuka rumah atau kos yang mereka miliki untuk menjadi penginapan," kata Sandiaga, Senin (17/1/2022).

Namun belakangan beredar kabar bahwa homestay tarifnya mahal. Sandiaga menjelaskan homestay ini dikelola masyarakat dan mereka punya kewenangan untuk menentukan harga sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan.

"Untuk masalah tarif rumah warga yang akan dijadikan penginapan alternatif MotoGP, kita serahkan langsung ke pemilk rumah. Pemilik homestay yang menetapkan dan dipromosikan melalui aplikasi mana," ujarnya.

"Kami menyarankan, para pemilik homestay tidak mematok harga yang terlalu tinggi," sambungnya.

Sebelumnya, detikcom sempat bertanya pada Ketua Asosiasi Kelompok Sadar Wisatta NTB Lalu Sapta Setiawan mengenai harga pasaran homestay di kawasan Mandalika. Tarifnya terbilang terjangkau.

"Harga untuk homestay berkisar Rp 150-300 ribu. Tergantung fasilitas dan pelayanannya," kata dia saat dihubungi pada Kamis (13/1/2022).

Tetapi hingga kini, belum diketahui pasti sudah berapa banyak homestay yang telah dibooking. Namun Lalu Sapta memastikan ada banyak homestay yang tersedia untuk para penonton.

"Belum ada angka yang pasti terkait berapa sebenarnya homestay yang sudah dibooking. Mengenai tarif, tentunya beragam sesuai dengan fasilitas dan pelayanannya," tegas Lalu Sapta.



Simak Video "Menhub Prediksi Malam Ini Puncak Lonjakan Arus Balik Penonton MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA