Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Jan 2022 23:05 WIB

TRAVEL NEWS

Gak Perlu Jauh-jauh ke Seoul, Bekasi Punya Sungai Sekece Ini

Saluran air di Kota Bekasi bakal menjadi wisata air mirip sungai Cheonggyecheon di Kota Seoul, Korea Selatan dan segera diresmikan.
Wisata air Kalimalang (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Bekasi -

Telah dicanangkan sejak beberapa tahun silam, revitalisasi Kalimalang kian mewujud. Kini, apa yang disebut 'Sungai Cheonggyecheon Bekasi' sudah di depan mata.

Sejak tahun 2018 lalu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah merencanakan program revitalisasi Kalimalang. Perlahan, program kolaborasi yang dilakukan bersama Pemkot Bekasi ini mulai menampakkan wujudnya.

Dihimpun detikTravel, Senin (17/1/2021), proses groundbreaking diketahui telah dilakukan sejak awal tahun 2019 silam untuk pengerjaan tahap I. Kabar terakhir, proyek revitalisasi tahap I itu sudah selesai dan menunggu diresmikan.

Saluran air di Kota Bekasi bakal menjadi wisata air mirip sungai Cheonggyecheon di Kota Seoul, Korea Selatan dan segera diresmikan.Saluran air di Kota Bekasi bakal menjadi wisata air mirip sungai Cheonggyecheon di Kota Seoul, Korea Selatan dan segera diresmikan (Rifkianto Nugroho/detikcom)

Sebelumnya, proyek revitalisasi Kalimalang telah dicanangkan Ridwan Kamil sejak ia baru menjabat Gubernur Jawa Barat 2018 lalu. Hanya karena satu dan lain hal, pengerjaannya baru dimulai pada akhir September 2019.

Pada unggahan instagram pribadinya, pria yang akrab disapa Kang Emil ini ingin menyulap Kalimalang layaknya Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan.

Revitalisasi dibagi ke 4 zona

Revitalisasi rencananya akan dilakukan ke dalam empat titik zona yang seluruhnya sepanjang lima kilometer. Empat zona tersebut yakni, edukatif, ekologi, selebrasi dan komersial.

Adapun untuk zona selebrasi rencananya akan di bangun di Kalimalang di dekat Giant Mega Bekasi Hypermall, zona ini kabarnya akan dikerjakan oleh pemerintah pusat.

[Gambas:Instagram]



Sedangkan zona kedua yakni edukatif, zona ini akan dibangun di titik kalimalang tepatnya dekat Kampus Unisma Bekasi yang kabarnya akan dibebankan ke Pemerintah Provinsi.

Untuk Zona Ekologi kabarnya akan dibangun di titik Kalimalang dekat Pintu Tol Bekasi Timur, kemudian untuk zona komersil kabarnya akan dibangun di sekitar kawasan bisnis Hotel Horison atau Metropolitan Mal.

Untuk saat ini, nama komersil dari proyek ini baru bernama Wisata Air Kalimalang. Entah apa akan ada nama resmi lain yang disematkan ke bakal destinasi baru Kota Bekasi ini.

Hanya untuk tanggal peresmiannya, traveler tentu harus bersabar. Hanya satu yang pasti, akan dilakukan dalam waktu dekat ini.



Simak Video "Cerita Pengendara Asal Lampung Terjebak Macet 4 Jam di Kalimalang"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA