Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 18 Jan 2022 18:40 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Bentuk Sandal Upanat untuk Wisatawan Naik Candi Borobudur

Eko Susanto
detikTravel
Sandal khusus untuk naik Candi Borobudur.
Foto: Eko Susanto

Ditemui terpisah, Kepala Balai Konservasi Borobudur (BKB), Wiwit Kasiyati mengatakan, kajian untuk melestarikan sudah lama sebelum Candi Borobudur ditetapkan sebagai destinasi pariwisata super prioritas.

"Kita sudah mempunyai grafik sejak 34 tahun yang lalu bahwa keausan (lantai candi) itu meningkat. Setiap tahun meningkat meskipun tidak terlalu besar, tapi grafiknya naik," ujar Wiwit.

Menurut Wiwit, dengan adanya kebijakan pemerintah pengunjung akan dihadirkan lebih banyak karena Borobudur menjadi destinasi pariwisata super prioritas. Terkait hal tersebut dengan alasan untuk pelestarian perlu dilakukan pembatasan.

"Kami melanjutkan kajian yang terdahulu, ini kalau tidak kita batasi pengunjungnya pasti tingkat kerusakan meningkat. Kemudian kita membuat perhitungan visitor carrying capacity. Nah dari perhitungan itu dari undak, selasar, lorong 1,2,3,4,5, sampai stupa atas itu ketemu angka 1.259 ideal pengunjung dalam sehari yang naik. Kemudian kita tetapkan angka itu sebagai jumlah batasan pengunjung," katanya.

"Kemudian dengan dibatasi pengunjung yang naik ke struktur hanya 1.000, kita memikirkan gimana caranya untuk meminimalisir pasir itu terbawa alas kaki. Karena yang membuat aus itu pasir. Akhirnya sandal yang dulu pernah kita kaji dan workshop diangkat kembali melalui sayembara.

Terakhir kali kita angkat lagi kajian itu fokuskan sampai tingkat kenyamanan dan tingkat keamanan serta juga kalau bisa sandal itu sebagai suvenir," ujarnya.

Wiwit menjelaskan, memilih upanat karena ada di relief karmawibhangga nomor panel 150. Dimana di relief tersebut ada persembahan alas kaki yang bentuknya seperti upanat.

"Kita tetapkan bentuknya seperti upanat yang ada di candi, bahannya diambil dari yang ada di kawasan Borobudur. Mendong sama pandan.Sandal ini yang akan dipakai saat berkunjung ke Candi Borobudur.

Sandal ini tujuannya memang untuk melestarikan batu candi, bukan hanya sekadar suvenir," pungkasnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Sandiaga Uno Harap Penataan Candi Borobudur Bisa Tarik 20 Juta Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]

(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA