Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 19 Jan 2022 05:13 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Alasan Laptop Harus Dikeluarkan Saat Melewati Keamanan Bandara

Putu Intan
detikTravel
Mother picking backpack from security counter while standing by daughters. Family is with luggage at airport terminal. They are going on vacation.
Saat pengecekan di bandara, laptop biasanya harus dikeluarkan dari tasnya Foto: (iStock)
Jakarta -

Ketika akan melewati sistem keamanan bandara, traveler harus mengeluarkan laptop dan perangkat elektronik lainnya dari tas. Kenapa ya? Ini penjelasannya.

Operator mesin x-ray bandara Michael Srensen menjelaskan alasan penumpang harus melepas barang elektronik sebelum dapat lolos sistem keamanan bandara. Rupanya, hal ini berkaitan dengan baterai laptop dan tampilan yang akan terlihat di dalam mesin x-ray.

"Alasan utama Anda perlu mengeluarkan laptop dan tablet karena baterai dan beberapa barang elektronik terbuat dari bahan logam yang sangat padat sehingga mengaburkan apa yang ada di bawahnya," tulisnya dalam situs Quora seperti dikutip The Sun, Rabu (19/1/2022).

"Jadi itu sebabnya kami meminta barang elektronik dengan baterai besar untuk diletakkan di samping tas Anda atau di baki tersendiri," ia melanjutkan.

Bila staf tidak meminta penumpang untuk mengeluarkan laptop, penyelundupan barang terlarang tidak akan ketahuan. Dengan mengeluarkan laptop, staf keamanan dapat memastikan penumpang mengikuti peraturan bandara dan tidak membawa barang berbahaya.

"Jika saya melihat laptop di dalam tas, saya akan meminta pemiliknya untuk mengeluarkannya atau membawa tas itu lagi dan membaliknya untuk melihat dari sisi lain. Tergantung pada seberapa besar dan mengganggu perangkat itu pada pandangan saya," kata dia.

Baterai laptop tidak hanya menyusahkan saat melewati keamanan. Baterai ini juga bisa sangat berbahaya bagi pesawat.

Administrasi Penerbangan Federal di Amerika Serikat memperingatkan baterai laptop dapat menjadi terlalu panas saat disimpan di dalam pesawat. Mereka mengatakan, jika sebuah laptop terbakar, api akan cepat menjalar ke seisi pesawat.



Simak Video "Rekomendasi Laptop Gaming Acer Terbaru "
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Breaking News
×
Update Penanganan Gempa Cianjur
Update Penanganan Gempa Cianjur Selengkapnya