Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 19 Jan 2022 23:11 WIB

TRAVEL NEWS

Ngeri! Erupsi Hancurkan Pulau Terluar Tonga

Letusan gunung berapi Tonga dilihat dari luar angkasa
Foto: dok. Maxar Technologies
Tonga -

Erupsi dahsyat yang baru-baru ini terjadi di Pulau Tonga tak hanya memakan korban jiwa. Namun, juga menghancurkan pulau-pulau terluar Tonga.

Pulau-pulau kecil terluar di Tonga, Oceania hancur lebur akibat erupsi gunung Hunga Tonga-Hunga Ha'apai. Dikhawatirkan jumlah korban jiwa dan luka akan bertambah.

Wakil Duta Besar Tonga untuk Australia Curtis Tu'ihalangingie mengatakan, Pulau Mango hancur lebur dihantam erupsi. Kondisi serupa juga terlihat di Pulau Atata.

Dikutip detikTravel dari Reuters, Rabu (19/1/2022), mayoritas bangunan di Pulau Atata rata dengan tanah akibat erupsi disusul tsunami. Pulau Mango dan Atata hanya berjarak beberapa kilometer dari gunung Hunga Tonga-Hunga Ha'apai.

Di kedua pulau terdapat ratusan warga yang tinggal. Nasib mereka saat ini masih samar.

Tu'ihalangingie sendiri menyebut, ia mendapat laporan kerusakan parah di dua pula itu dari foto yang diambil dari pesawat militer Selandia Baru yang memantau kondisi Tonga pascagempa. Bahkan laporan lain yang diterimanya menyebut, kedua pulau itu sempat dihantam tsunami setinggi 10 meter.

Ia mengatakan, dengan situasi memprihatinkan ini maka besar kemungkinan korban luka dan jiwa akan bertambah.

"Warga panik, warga berlari, dan menderita luka-luka. Mungkin akan ada lebih banyak kematian," ujar Tu'ihalangingie.

Menurut laporan Kepolisian Tonga kepada Kedutaan Besar Selandia Baru, korban jiwa kemungkinan sudah menjadi dua orang. Namun, karena jaringan komunikasi terganggu maka sulit mengkonfirmasi jumlah pasti korban jiwa.

Sampai sekarang Pemerintah Tonga mengumumkan, baru satu orang korban jiwa yang ditemukan. Ia adalah seorang wanita berkewarganegaraan Inggris.



Simak Video "Penjelasan Ahli soal Ledakan Gunung Api Bawah Laut Tonga"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA