Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 23 Jan 2022 14:45 WIB

TRAVEL NEWS

Dikira Batpil Biasa, 5 Kucing Besar Ketularan Covid-19

bonauli
detikTravel
Singa di Taman Nasional Ratu Elizabeth, Uganda.
Ilustrasi singa (Getty Images)
Johannesburg -

Kasus Covid-19 pada binatang marak kembali. Kali ini, kebun binatang Afsel dibuat ketar-ketir oleh 5 kucing besar.

Kejadian ini berlokasi di sebuah kebun binatang swasta di Johanesburg, Afrika Selatan. Kebun binatang tersebut mengkonfirmasi ada tiga singa dan dua puma yang dipastikan tertular Covid-19.

Penelitian dari Universitas Pretoria menyelidiki kasus ini. Sebelumnya, sejumlah singa mengalami masalah pernapasan, pilek dan batuk kering.

Mereka menemukan, Covid-19 ditularkan dari penjaga kebun binatang. Dikutip dari Antara, ternyata ada penjaga kebun binatang yang terkena Covid-19 tanpa gejala.

Sebuah studi bernama SARS-CoV-2 Reverse Zoonoses to Pumas and Lions, South Africa itu juga mengungkapkan bahwa ketiga singa terinfeksi varian Delta. Sementara salah satu puma terinfeksi selama gelombang pertama pandemi, namun tidak dianalisis secara genetik.

"Penting juga untuk menilai risiko penularan selanjutnya antara hewan dan pelepasan (virus) berkepanjangan yang berpotensi menimbulkan varian baru," katanya.

Kasus penularan kepada hewan ini bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya ada 4 macan tutul salju di Amerika Serikat yang ketularan dan mati.

Tiga macan tutul salju itu meninggal dunia di Kebun binatang anak-anak Lincoln yang berada di negara bagian Nebraska, AS. 3 Macan tutul salju itu diketahui positif terkena COVID-19 pada bulan Oktober lalu. Mereka menunjukkan tanda-tanda yang mirip dengan infeksi COVID-19 pada manusia.

Sedangkan yang seekor merupakan penghuni dari Kebun Binatang Miller Park, Bloomington, Illinois, Amerika Serikat (AS).

Berumur 11 tahun, Rilu dilaporkan berjuang melawan pneumonia yang disebabkan oleh covid-19 sebelum mati. Hal ini tentu membuat panjang daftar hitam Covid-19 di masa pandemi.



Simak Video "Suhu Ekstrem, Kebun Binatang Spanyol Beri Makan Hewan Buah-Daging Beku"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA