Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 23 Jan 2022 20:17 WIB

TRAVEL NEWS

Kala Kapal Pesiar Raksasa Bak Digencet Jembatan

Kapal pesiar Galactica
Kapal pesiar Galactica (Foto: CNN)
Jakarta -

Superyacht 80 meter yang digencet terjepit di bawah jembatan tidak dapat dilihat setiap hari. Jaraknya dengan dek teratas hanya beberapa sentimeter.

Maka tidak heran jika pemandangan kapal raksasa atau superyacht dari galangan Heesen yang melewati kanal-kanal sempit di Belanda ini menarik perhatian banyak orang.

Pelayaran perdana Galactica, sebelumnya dikenal sebagai Project Cosmos berlangsung pada awal bulan ini. Perjalanannya diabadikan dalam serangkaian gambar yang luar biasa.

Superyacht itu terlihat diangkut dengan hati-hati dari galangan kapal Heesen di Kota Oss, Belanda selatan ke pelabuhan Laut Utara Harlingen. Di sana kapal pesiar Galactica akan menjalani uji coba dan perlengkapan laut.

Selama operasi, yang memakan waktu sekitar empat hingga lima hari, kapal ditarik dan didorong oleh kapal tunda melalui kanal sempit. Setidaknya ada enam jembatan harus dilalui.

Perhitungan waktu sangatlah penting. Heesen harus menunggu hari tenang tanpa angin sebelum menjalankan kapal melalui sudut ketat di Macharen dengan jarak bebas hanya 15 sentimeter di setiap sisinya.

Kapal pesiar GalacticaKapal pesiar Galactica (Foto: CNN)

Pada tahap lain, permukaan air terlalu tinggi untuk memungkinkan kapal pesiar Galactica lewat di bawah jembatan di sepanjang Sungai Maas, yang menyebabkan jeda singkat saat kru menunggu hingga ketinggian air turun cukup rendah untuk bisa masuk ke bawah jembatan.

Operasi yang rumit dan krusial seperti itu membutuhkan setidaknya tiga hingga empat bulan persiapan dengan berbagai izin dan sertifikat yang diperlukan sebelumnya, menurut tim di Heesen.

Syukurlah galangan kapal memiliki lebih dari 40 tahun pengalaman untuk kembali dalam hal manuver kapalnya dari Oss ke Laut Utara.

Kapal pesiar Galactica, yang dilengkapi dengan dek berjemur, serta helideck yang bisa berubah menjadi bioskop, mencapai Harlingen dengan selamat pada 12 Januari dan akan segera memulai uji coba pelayaran laut.

Kapal pesiar Galactica digambarkan sebagai kapal pesiar aluminium terpanjang dan tercepat di dunia. Kapal itu akan dikirim pada bulan April, bulan yang sama saat Heesen dijadwalkan untuk mengirimkan Proyek Aura sepanjang 50 meter.

Heesen bukan satu-satunya galangan kapal Belanda yang mengirim yacht-nya melalui kanal-kanal sempit. April lalu, Proyek 817 Feadship tertangkap kamera saat dipindahkan dari fasilitas Pulau Kaag di pedalaman galangan kapal ke Laut Utara di Rotterdam.



Simak Video "Anti Mainstream! Lamborghini Siapkan Pesiar Rp 50 M untuk Para Sultan"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA