Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 24 Jan 2022 19:08 WIB

TRAVEL NEWS

Travel Bubble Hari Pertama, Turis Singapura Bisa ke Lagoi dan Nongsa

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan motivasi pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam acara dialog pelaku usaha di Batam, Kepulauan Riau, Jumat lalu (22/1/2021). Apa katanya?
Foto: Sandiaga Uno di Batam (Trio Hamdani/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut kawasan Lagoi dan Nongsa di Kepulauan Riau sudah sangat siap untuk menyambut wisatawan dari Singapura.

Hari ini, Indonesia secara resmi membuka kerja sama Travel Bubble dengan Singapura. Wisatawan dari Singapura bisa berkunjung ke kawasan Lagoi dan Nongsa, serta beraktivitas wisata di sana.

"Hari ini, tanggal 24 merupakan hari pertama Travel Bubble antara Indonesia dan Singapura. Presiden sudah menyetujui ini adalah sebagai prototipe Kepri dan wisman Singapura melalui Travel Bubble untuk memulai pembukaan ekonomi, khususnya pariwisata, secara terkontrol, terbatas, berkelanjutan dan meningkat secara bertahap," ungkap Sandiaga Uno dalam acara Weekly Press Briefing yang digelar secara daring, Senin (24/1/2022).

Nantinya warga negara Singapura atau pun ekspatriat yang tinggal di sana bisa berwisata di kawasan Lagoi dan Nongsa, dengan catatan mereka hanya boleh beraktivitas di 2 wilayah tersebut.

"SE Satgas COVID-19 sudah diterbitkan, sudah mengizinkan warga negara Singapura datang ke Lagoi dan Nongsa. Wisatawan harus reservasi di salah satu penyedia akomodasi di kawasan Lagoi dan Nongsa dan hanya boleh beraktivitas di dalam dua kawasan tersebut," imbuh Sandiaga.

Beberapa hari yang lalu, Sandiaga meninjau langsung kesiapan Travel Bubble di kawasan Lagoi dan Nongsa. Hasilnya, dia menilai 2 kawasan tersebut sudah sangat siap untuk menyambut wisatawan dari Singapura.

"Saya meninjau pelabuhan Bandar Bentan Telani yang siap menerima 500 wisatawan dari Singapura dalam 8 kali trip perjalanan setiap hari. Tapi awalnya kita mulai satu trip dulu sekitar 50-100 orang. Pelabuhan ini biasanya 2.400 wisatawan mancanegara dalam 12 kali trip perjalanan per hari. Ini akan bertahap kita tingkatkan," tegas Sandiaga Uno.

"Lagoi dan Nongsa sangat siap sebagai Bubble Zone untuk wisatawan Singapura. Saya sudah pastikan sendiri. Kita berharap ini jadi langkah strategis untuk kebangkitan dan kepulihan ekonomi kita dan terbukanya lapangan kerja Indonesia," dia menambahkan.

Sandiaga menilai wisatawan dari Singapura memiliki prospek sangat strategis untuk membangkitkan ekonomi dan pariwisata nasional, khususnya di Kepulauan Riau.

"Travel Bubble ini bisa menghadirkan kebangkitan ekonomi serta menggairahkan kembali sektor yang 2 tahun ini mengalami tekanan yang luar biasa," tutupnya.



Simak Video "Menparekraf Sandiaga Uno Temui Menlu Singapura, Bahas Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA