Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 25 Jan 2022 07:11 WIB

TRAVEL NEWS

Ada 6, Inilah Sebenar-benarnya Paspor Paling Sakti

Paspor
Paspor paling sakti (Foto: CNN)
Jakarta -

Inilah daftar paspor yang benar-benar sakti. Karena, berkas ini yang mampu membuka semua pintu negara.

Diberitakan CNN, kemungkinan Anda hanya bisa memiliki satu paspor atau mungkin dua jika memiliki kewarganegaraan ganda. Hanya pekerjaan-pekerjaan ini yang memiliki paspor yang benar-benar paling sakti.

Berikut daftar paspor paling sakti:

1. Paspor diplomatik

Apa itu? Paspor diplomatik dikeluarkan untuk diplomat dan konsul pemerintah yang ditempatkan di luar negeri, contohnya para diplomat dan duta besar.

Manfaatnya adalah pengabaian syarat untuk memastikan perjalanan yang lancar. Pemegang paspor diplomatik Inggris, misalnya, mendapatkan bebas visa masuk ke China.

Diplomat juga sering menikmati kekebalan diplomatik (catatan: ini tidak memberikan kekuasaan penuh untuk melakukan kejahatan apa pun saat berada di luar negeri). Anggota keluarga diplomat terkadang dapat memperoleh paspor diplomatik juga.

Paspor paling saktiPaspor diplomat (Foto: CNN)

Di Inggris, ada jenis paspor diplomatik yang sangat istimewa, yang ditandai dengan cap Queen's Messenger Service (QMS). Mereka kelompok elit yang telah mengirimkan materi diplomatik rahasia selama sekitar 800 tahun.

Sementara itu, ada kontroversi seputar paspor diplomatik di Kanada. Karena pada tahun 2017 mereka terungkap telah mengeluarkan terlalu banyak berkas itu.

2. Paspor presiden dan perdana menteri

Inilah jenis paspor yang paling tinggi kastanya. Paspor ini adalah varian unik, bahkan profesi presiden AS terpampang di atasnya.

Apa saja manfaatnya? Sulit ditebak.

Ketika kami bertanya kepada Kantor Dalam Negeri Inggris tentang keuntungan paspor Boris Johnson, mereka memberi tahu kami: "Kami tidak mengomentari kasus individu."

Di sisi lain, pengaman VIP mungkin tidak harus membawa paspor mereka dan mereka juga tidak perlu mengantri di bea cukai karena petugas lain akan mengurusnya.

Keuntungan tambahan lainnya, presiden dan perdana menteri tidak membayar paspor mereka sendiri.

3. Paspor resmi/khusus

Apa itu paspor resmi (seperti yang disebut di AS dan Inggris) atau paspor khusus (seperti yang dikenal di Kanada) dikeluarkan untuk senator, anggota parlemen, pejabat militer, dan berbagai pegawai pemerintah lainnya yang tidak sepenuhnya diplomat, tetapi perlu melakukan perjalanan ke luar negeri, atau dalam misi resmi.

Apa saja manfaatnya? Di atas kertas, paspor ini tidak menawarkan manfaat khusus apa pun. Seperti yang dijelaskan oleh pemerintah Kanada: "Paspor resmi tidak dirancang untuk memberikan keuntungan apa pun kepada pemiliknya."

Tetapi, tampaknya paspor resmi tertentu bakal memberi perlakuan bintang lima; jika Anda memilikinya, dari AS misalnya, Anda dibebaskan dari membayar biaya visa.

Paspor resmi juga bisa dicabut. Pada Agustus 2021, 14 paspor resmi milik pejabat Siprus Turki dilaporkan diambil kembali dari menyusul pertengkaran tentang pembukaan kembali bekas hotspot wisata, Varosha.

Paspor paling saktiPaspor interpol (Foto: CNN)

4. Dokumen Perjalanan Interpol

Diterbitkan secara eksklusif untuk Interpol, Dokumen Perjalanan Interpol tersedia dalam dua format: e-Passport Booklet dan e-KTP (e-Identification Card).

Keduanya dilengkapi dengan sirkuit terintegrasi berteknologi tinggi yang berisi informasi pribadi seperti sidik jari, dan foto yang identik dengan yang tercetak pada dokumen itu sendiri.

Apa saja manfaatnya? Dokumen perjalanan muncul setelah Majelis Umum Interpol ke-79 pada tahun 2010.

Mengejar penjahat di seluruh dunia bukanlah pekerjaan yang mudah, dan Dokumen Perjalanan Interpol dirancang untuk memangkas birokrasi dengan membebaskan berbagai persyaratan visa.

Meskipun Interpol memiliki sekitar 1.000 karyawan, tidak jelas berapa banyak yang memiliki Dokumen Perjalanan Interpol.

Artikel dalam beberapa tahun terakhir telah menghilangkan mitos tentang agen Interpol yang berkeliaran di seluruh dunia, mendobrak pintu dan menangkap penjahat. Sebagian besar pekerjaan mereka berbasis admin. Adapun Red Notice yang terkenal itu sebenarnya bukan surat perintah penangkapan.

Paspor paling saktiPaspor Laissez-Passer PBB (UNLP) (Foto: CNN)

5. Laissez-Passer PBB (UNLP)

Anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Organisasi Buruh Internasional, Organisasi Kesehatan Dunia, dan berbagai organisasi lainnya dapat memperoleh dokumen ini, yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1946, dan diluncurkan secara elektronik pada tahun 2012.

Ada dua jenis UNLP: laissez-passer biru dan merah (untuk anggota peringkat lebih tinggi).

Apa saja manfaatnya? PBB menyatakan bahwa pemegang UNLP merah mungkin mendapatkan hak istimewa diplomatik dan kekebalan dan fasilitas diplomatik ketika bepergian untuk urusan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Di beberapa negara, itu termasuk pengabaian visa. Tidak seperti banyak paspor lain dalam daftar ini, UNLP tidak secara resmi menggantikan paspor nasional, tetapi melengkapinya. Karena kedua dokumen harus selalu dibawa bersama dalam perjalanan resmi.

Dokumen yang disebut laissez-passers juga digunakan selama Perang Dunia I untuk memastikan perjalanan yang aman bagi para pengungsi dari daerah yang dilanda perang.

6. Orang yang tidak diharuskan membawa paspor

Meskipun sebagian besar anggota keluarga kerajaan masih memerlukan paspor untuk bepergian, raja yang memerintah dapat dikecualikan.

Kami tahu pasti bahwa Ratu Elizabeth II tidak memiliki paspor, karena, seperti yang dinyatakan oleh situs web resmi keluarga kerajaan Inggris: "Karena paspor Inggris diterbitkan atas nama Yang Mulia, jadi ratu tidak perlu memilikinya. "

Bagaimana dengan Paus?

Sebagai penguasa Kota Vatikan, Paus memiliki paspor Tahta Suci khusus.

Tetapi pada tahun 2014, tak lama setelah terpilih, Paus Fransiskus mengambil langkah yang tidak biasa dengan memperbarui kartu identitas dan paspornya. Ia mengidentifikasi dirinya sebagai orang Argentina biasa dan tidak ingin diberikan hak istimewa.

Eureka!: Indonesia Berburu Exoplanet dan Alien

[Gambas:Video 20detik]



(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA