Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 26 Jan 2022 14:45 WIB

TRAVEL NEWS

11 Event Wisata Gresik 2022 untuk Kamu, Yuk Kepoin!

Hilda Meilisa
detikTravel
Wisata Alam Setigi
Foto: Deny Prastyo Utomo/detikTravel
Jakarta -

Kabupaten Gresik mempunyai sejumlah calendar event pariwisata menarik di tahun 2022. Ada kirab budaya, festival malam likuran hingga pasar bandeng. Tertarik ke sini?

Sejumlah event ini tertulis dalam calendar event 2022 yang dirilis Dinas pariwisata, Ekonomi Kreatif, Kebudayaan, dan Pemuda Olahraga (Disparekrafbudpora) Gresik. Event ini juga berlangsung sepanjang tahun.

Berikut sejumlah event wisata di Gresik yang akan berlangsung di tahun 2022 :

1. Kirab Budaya

Kirab budaya ini digelar dalam rangka Peringatan HUT Pemkab Gresik dan Hari Jadi Gresik. Kirab rencananya digelar tanggal 9 Maret 2022 di Situs Giri Kedaton sampai Alun-alun Gresik.

Kirab Budaya ini bertajuk "Street Dance Carnival". Biasanya dalam kirab juga menampilkan napak tilas penobatan Sunan Giri (Raden 'Ainul Yaqin) menjadi Prabu Satmoto atau Raja Giri I.

2. Festival kota Bandar Grissee (Gresik Djaman Doeloe; Djadoel)

Festival ini berisi pentas seni budaya dan kuliner dalam rangka napak tilas kejayaan Gresik sebagai salah satu Kota Bandar Dagang terbesar di Nusantara.

Kegiatan ini dihelat di Kawasan Gresik Kota Bandar Tua, sekitar alun-alun Gresik, sepanjang jalan Basuki Rahmat hingga Rumah Gajah Mungkur di Jalan Nyai Ageng Arem-arem-Kampong Kemasan Gresik. Biasanya, kegiatan ini digelar masih satu rangkaian dengan HUT dan hari Jadi Gresik.

3. Cruise Adventure to Indonesia in Bawean Island, Gresik

Kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut peserta atau cruiser di ajang Cruise Adventure to Indonesia in Bawean Island, Gresik. Ajang ini digelar pada Mei 2022 di Pulau Bawean, Gresik.

4. Festival Malam Likuran Gresik dan Festival Mamaleman Bawean

Festival Malam Likuran Gresik, merupakan festival yang diadakan dengan mengemas beberapa kegiatan kebudayaan. Ajang ini dilaksanakan masyarakat Gresik selama malam 21 hingga 29 Ramadhan.

5. Pasar Bandeng

Pasar bandeng Gresik ini merupakan tradisi turun temurun dan merupakan warisan yang dipelopori oleh Wali Songo yang sampai sekarang masih dilestarikan masyarakat setempat. Tradisi pasar bandeng Gresik ini pertama kalinya dilakukan Sunan Giri yang bertujuan mengangkat perekonomian rakyat.

Kegiatan ini digelar pada malam ke 27 hingga 30 bulan Ramadhan di Pasar Tradisional Jalan Samanhudi Gresik.

6. Okol atau Gulat Tradisional

Tradisi gulat okol masih dijaga oleh warga Desa Setro, Kecamatan Menganti, Gresik. Tradisi unik ini merupakan wujud rasa syukur atas hasil bumi yang diperoleh para petani. Seusai panen dan pada musim kemarau, mereka menggelar sedekah bumi, remo kaulan, dan gulat tradisional yang disebut okol.

Gulat okol menjadi agenda rutin tahunan dan menjadi bagian dari wisata budaya. Ajang ini biasa digelar pada hari ke delapan Hari Raya Idul Fitri.

7. Rebo Wekasan

Upacara unik ini hanya ada di Desa Suci, Kecamatan Manyar, Gresik. Rebo Wekasan diadakan setiap hari Rabu terakhir, dan hanya di bulan Sapar, kata 'Wekas' berasal dari evolusi kata 'Pamungkas'.

Kegiatan ini berawal dari Sunan Giri memerintahkan salah satu santrinya yang menonjol dan memiliki jiwa kepemimpinan kuat, untuk menyiarkan Islam di sekitar perbukitan yang agak jauh yakni di Desa Pelaman.

8. Grand Final Pemilihan Duta Wisata Cak dan Yuk Gresik

Pemilihan Duta Wisata Cak dan Yuk Gresik sebagai sarana meningkatkan animo dan kesadaran generasi muda dalam mengenal, mencintai potensi daya tarik wisata serta nilai-nilai budaya lokal Gresik.

Kegiatan ini digelar di Gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) sekitar Juni hingga Juli 2022.

9. Anugerah Wisata Gresik (AWG)

Kegiatan ini memberikan penghargaan pada pengelola Objek Daya Tarik (ODTW) dengan keunggulan daya tarik wisatanya dalam lingkup penilaian 4A atau Attraction, Accessibility, Amenity, and Ancillary maupun Sapta Pesonanya.

Kegiatan ini digelar di Kantor Bupati Gresik pada Juni hingga Juli 2022.

10. Molod Bawean

Molod adalah kegiatan peringatan kelahiran atau maulud Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan setiap tanggal 9 s/d 30 bulan Rabi'ul Awwal atau bulan Maulud. Oleh masyarakat Bawean disebut dengan Molod dan diadakan bergantian di setiap desa, sekolah, langgar, masjid, hingga pesantren.

Yang menarik, dalam kegiatan ini masyarakat akan membawa berkat. Mereka menyimpan semua makanan yang akan dibawa ke Masjid dengan tempatnya dari timba yang di pinggirnya diberi pagar-pagar kecil dari bambu dan memanjang ke atas, diikat dengan tali rafia yang kemudian pagar itu di lapisi kertas kado yang indah.

11. Hari Besar Bawean

Kegiatan Sail to Indonesia merupakan kegiatan tahunan annual event berupa konvoi Yacht dan mulai tahun 2022 juga singgah di Pulau Bawean, Gresik. Penyambutan wisatawan mancanegara ini digabung dengan Hari Besar Bawean dan Molod yang digelar Oktober 2022.

----

Artikel ini telah tayang di detikjatim.



Simak Video "Kontes Kucing Sehat, Pagelaran Unik di Gresik Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA