Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 27 Jan 2022 10:17 WIB

TRAVEL NEWS

Lulusan Poltekpar Lombok Disiapkan untuk Bantu MotoGP

bonauli
detikTravel
Sandiaga Uno di Munas VII HPI
Sandiaga Uno dalam Munas VII HPI (Bonauli/detikcom)
Jakarta -

Lombok kini menjadi pusat perhatian dunia. Balapan MotoGP yang akan dilangsungkan di sana bulan Maret nanti diharapkan membawa harapan baik untuk pariwisata.

Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) melakukan Munas VII di Hotel Mercure Jakarta Batavia pada 25-27 Januari 2022. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uni hadir memberikan apresiasi.

Dalam kesempatan tersebut Sandiaga memberikan kabar terbaru soal Poltekpar Lombok, di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

"Poltekpar lombok itu sekarang sudah berdiri dan sudah menerima mahasiswa selama 4 tahun terakhir sudah ada enam angkatan dan nanti kita melihat ada kerja sama dengan HPI," ucapnya.

Setelah lulus, pramuwisata juga bisa mengikuti program-program berbasis skill dari Kemenparekraf. Program ini merupakan kerja sama Kemenparekraf dengan Poltekpar Lombok.

Di tengah pandemi, pramuwisata menjadi salah satu yang paling terdampak. Banyak pramuwisata atau pemandu yang beralih profesi di tengah pandemi.

Beruntung, Lombok punya Sirkuit Mandalika. Karena berbagai event bergengsi dunia mulai digelar di sana.

"Ini nanti akan kita arahkan untuk MotoGP. karena banyak pramuwisata-pramuwisata itu bisa memberikan layanan tambahan bagi para wisatawan yang akan datang untuk menonton MotoGP," jelasnya.

"Harapannya pramuwisata menjadi peluang dalam membuka lowongan kerja untuk membangkitkan pariwisata dan perekonomian Indonesia," kata Sandiaga.

Berkaitan dengan perhelatan MotoGP yang akan dilangsungkan pada Maret 2022 mendatang, Menparekraf Sandiaga menyatakan bahwa ajang internasional tersebut tetap akan berjalan di tengah tantangan pandemi COVID-19 namun dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

"Di tengah Omicron saya ingin menyampaikan the show must go on. Kita menyiapkan dan menerapkan travel bubble dengan penuh kewaspadaan dan kehati-hatian terhadap pembalap, kru, ofisial termasuk petugas-petugas yang terlibat pada MotoGP ini," ujarnya.

"Dan alhamdulillah, NTB sebagai tuan rumah MotoGP juga sudah siap. Capaian vaksin dosis 1 mencapai 100 persen dan dosis 2 di atas 70 persen. Mudah-mudahan ini dapat mengurangi potensi penyebaran varian baru termasuk Omicron," lanjutnya.



Simak Video "Pameran UMKM dalam Ajang MotoGP Mandalika Raup Rp 1,2 M"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA