Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 29 Jan 2022 10:30 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Hotel Bertema Baduy dan Peranakan di Gading Serpong

Syanti Mustika
detikTravel
Episode Gading Serpong
Salah satu kamar di Episode Gading Serpong (Syanti/detikcom)
Jakarta -

Sebuah konsep hotel budaya Baduy dan Peranakan bisa kamu temukan di Gading Sepong. Setiap bagian hotel memiliki kedua unsur budaya Baduy dan Peranakan.

Hal inilah yang dihadirkan Hotel Episode Gading Serpong. Dalam jumpa media, Jumat (28/1/2021) mereka mengatakan bahwa ingin hadir sebagai representasi budaya asli Banten, Baduy dan Peranakan.

"Hotel Episode Gading Serpong memiliki tujuan untuk menjaga dan melestarikan budaya lokal, khususnya Baduy dan Peranakan yang merupakan warisan asli dari Banten yang dipadukan dengan gaya modern ke tengah masyarakat," ungkap Christian Helmy, Cooporate Director of Sales dari JHL Collection.

Hotel Episode Gading Serpong merupakan salah satu hotel yang berada di bawah naungan JHL Collections. Mereka sebelumnya melakukan kajian terlebih dahulu sebelum membuat konsep hotel.

Episode Gading SerpongKamar bertemakan Baduy di Episode Gading Serpong Foto: (Syanti/detikcom)

"Kami melakukan survey dahulu ke suku Baduy Banten untuk bisa membawa ddengan baik suasana Baduy ke dalam hotel," tambah Helmy.

Komitmen Hotel Episode Gading Serpong terhadap budaya Baduy dan Peranakan tertuangkan kedalam konsep kamar yang berbeda di setiap lantainya, dimana lantai genap bertemakan khas Baduy, dan lantai ganjil bertemakan khas Peranakan.

Selain suasananya kedua budaya ini bisa dirasakan di kamar, konsep Baduy dan Peranakan juga dikemas unik pada fasilitas hotel. Salah satunya anyaman kayu pada desain interior Lobby Concierge yang terisnpirasi dari kain tenun khas Baduy yang bernama motif 'Adu Mancung'.

Ornamen kayu yang diaplikasikan hampir di seluruh ruang, terinspirasi dari sungai Cisadane yang berkelok-kelok. Juga keseluruhan tata ruang disusun sedemikian rupa supaya elemen alam dan budayanya terasa namun nyaman.

detikcom pun sempat berkeliling hotel dan kamar. Di dalam kamar yang bertemakan Baduy terdapat akin khas Baduy yang digantung dibagian kepala. Juga fasilitas kamar seperti gelas dan cerekpun didesain menarik.

Hotel ini juga menyediakan kuliner khas Banten, Sunda dan Peranakan lokal di resotran mereka Babah Ramu Dine & Bar. Juga ada Sandjong Spa yang juga kolaborasi budaya Baduy dan Peranakan yang unik.

Episode Gading Serpong memiliki 320 kamar yang terdiri dari deluxe, premier, eksekutif, junior suite dan familiy suite.

"Untuk harga, kita mulai dari Rp 900-san," tutup Helmy.



Simak Video "Banjir Terjang Wilayah Baduy: Jembatan Rusak, Longsor Melanda"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA