Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 05 Feb 2022 19:07 WIB

TRAVEL NEWS

Alhamdulillah, Islandia akan Akhiri Perburuan Paus

Perburuan paus di Islandia
Perburuan paus di Islandia (Foto: CNN)
Jakarta -

Islandia akan mengakhiri perburuan paus mulai 2024. Mereka mengakhirinya karena kontroversi berkepanjangan juga penurunan permintaan.

"Hanya ada sedikit pembenaran untuk mengizinkan perburuan paus setelah tahun 2024 ketika kuota saat ini berakhir," kata Menteri Perikanan dan Pertanian Svandís Svavarsdóttir dalam sebuah opini di surat kabar Morgunblaðið hari Jumat, melansir CNN, Sabtu (5/2/2022).

Menteri tersebut menulis bahwa adalah yang tidak terbantahkan bahwa perburuan paus tidak memiliki banyak dampak signifikan bagi ekonomi Islandia dalam beberapa tahun terakhir. Tidak ada paus besar yang ditangkap dalam tiga tahun terakhir, kecuali satu paus minke pada tahun 2021.

"Jepang telah menjadi pembeli terbesar daging paus Islandia, tetapi konsumsinya menurun dari tahun ke tahun," kata dia.

"Mengapa Islandia harus mengambil risiko melanjutkan penangkapan ikan yang belum menghasilkan manfaat ekonomi, untuk menjual produk yang permintaannya rendah?" tanya dia.

Setelah larangan 30 tahun, Jepang melanjutkan perburuan paus komersial di perairannya pada 2019.

Perburuan paus komersial dilarang dalam embargo Komisi Penangkapan Ikan Paus Internasional 1986, tetapi Jepang menarik diri dari IWC pada Desember 2018, menandai kembalinya mereka ke perburuan paus dengan menombak dua paus minke.

Svandís juga menunjukkan perburuan paus telah menjadi kontroversi dan mengingat bahwa rantai ritel AS Whole Foods telah berhenti memasarkan produk Islandia untuk sementara sebagai akibatnya.

Menurut IWC, yang tujuannya adalah "untuk menyediakan konservasi yang tepat dari stok ikan paus dan dengan demikian memungkinkan pengembangan industri perburuan paus yang teratur," Islandia melanjutkan "program perburuan paus ilmiah" kecil setelah embargo 1986.

Islandia meninggalkan IWC pada tahun 1992 tetapi bergabung kembali pada tahun 2002. Islandia memulai kembali perburuan paus komersial pada Oktober 2006.

"Langkah itu ditentang keras oleh banyak negara yang marah atas apa yang mereka anggap sebagai upaya Islandia untuk melewati peraturan internasional," menurut Konservasi Paus dan Lumba-lumba (WDC), sebuah organisasi nirlaba.

Lebih dari 1.700 paus minke dibunuh di Islandia sejak embargo 1986, menurut data dari WDC. Laporan yang sama menemukan bahwa 852 paus sirip dibantai di Islandia dari 2006 hingga 2018.

Mereka menambahkan bahwa tidak ada perburuan paus pada musim 2019, 2020 atau 2021.

Paus sirip digolongkan sebagai spesies yang rentan dalam Daftar Merah Spesies Terancam Punah International Union for Conservation of Nature (IUCN). Sedangkan paus sei dikategorikan sebagai terancam punah. Status paus minke tidak diketahui, menurut Daftar Merah.



Simak Video "Paus Fransiskus Soroti Penembakan Texas yang Tewaskan 18 Anak-anak"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA