Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 05 Feb 2022 22:06 WIB

TRAVEL NEWS

Kamu Sadar Enggak? Ada 'Lubang Berdarah' di Jendela Pesawat

bonauli
detikTravel
travel to Paris, view of Eiffel Tower from the window of airplane, holidays in France, Europe
Ilustrasi jendela pesawat (iStock)
Jakarta -

Saat traveling dengan menggunakan pesawat, kursi dekat jendela memang jadi favorit karena bisa melihat pemandangan langit. Tapi apakah kamu dasar ada lubang kecil di sana?

Membayangkan ada lubang di pesawat sungguhlah menyeramkan, karena dapat mengancam keselamatan penerbangan. Tapi khusus untuk yang satu ini, justru harus berlubang.

Tidak sedikit traveler yang bertanya-tanya dan penasaran kenapa ada lubang kecil di bagian bawah jendela pesawat.

Dilansir dari NZ Herald, Sabtu (5/2/2022) lubang tersebut bukanlah kesalahan. Lubang Nafas atau Lubang Berdarah, begitulah sebutannya dalam penerbangan.

Lubang kecil di sisi bawah jendela itu diciptakan untuk sejumlah alasan keamanan. Pertama, lubang itu untuk menjaga tekanan udara di dalam kabin pesawat.

Untuk diketahui, jendela pesawat itu terdiri dari 3 panel kaca. Saat tekanan udara di langit melemah, tekanan udara di kabin justru kuat. Lubang kecil itu membantu memperkuat jendela terhadap tekanan udara.

Fungsi lainnya adalah, lubang kecil itu membantu mengurangi kelembaban pada kaca jendela. Meskipun temperatur di langit sangat dingin, kita tidak pernah melihat jendela pesawat berkabut atau membeku.

Lubang ini berada pada panel tengah, dari 3 panel kaca yang ada. Panel tengah ini berfungsi sebagai pelindung jika kaca paling luar pecah, misalnya karena tekanan udara.

Nah, kalau lain kali duduk di sebelah jendela pesawat, jangan lupa perhatikan lubang kecil ini. Lubang itulah yang membuat penerbangan kita semakin aman.



Simak Video "Pesawat Twin Otter Berisi 22 Orang Hilang Kontak di Nepal"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA