Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 06 Feb 2022 05:01 WIB

TRAVEL NEWS

Jangan Cuma Menduga-duga, Ini Beda Rasa Naik Pesawat Kecil Vs Besar

Apron pesawat pribadi di Bandara Halim Perdanakusuma
Pesawat kecil (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Jakarta -

Apa perbedaan mendasar terbang dengan pesawat kecil dibandingkan dengan pesawat besar. Selain harga, mari kita bahas perbedaan rasanya ya.

Banyak kesalahpahaman di saat orang mengatakan bahwa akan mengalami mabuk udara saat naik pesawat kecil. Lainnya bersikeras bahwa pengalaman di dalam pesawat kecil lebih personal.

Sebuah pesawat kecil adalah salah satu dengan berat lepas landas sertifikat maksimum 12.500 pon atau kurang, menurut Federal Aviation Administration (FAA), melansir CNN.

Pesawat-pesawat ini, yang dibuat oleh perusahaan seperti Cessna dan Piper, dapat menampung 1-20 penumpang.

Mereka digunakan untuk penerbangan pribadi, tetapi tidak secara eksklusif. Beberapa pesawat yang lebih kecil dapat beroperasi secara komersial pada rute pendek atau mengoperasikan penerbangan wisata.

Apakah Anda lebih mungkin terkena mabuk perjalanan di pesawat kecil?

Singkatnya, ya.

Beberapa penyebab paling umum dari mabuk di udara yakni karena hawa panas, suara keras dan turbulensi. Dua yang terakhir sangat lazim di pesawat yang lebih kecil.

Jadi, semakin cepat pesawat bergerak maka semakin sedikit turbulensi yang dirasakan. Sama halnya dengan pesawat terbang.

Jika traveler lebih rentan terhadap mabuk perjalanan, ambil obat pilihan Anda sebelum naik, bahkan jika Anda tidak membutuhkannya. Ini lebih baik dan aman daripada menyesal.

Menurut pilot yang memiliki pengalaman aerobatik, cara menangani mual yakni cukup istirahat, tidak terlalu kenyang, dan pastikan Anda terhidrasi.

Adakah batasan barang yang dapat dibawa?

Tidak juga. Tapi memang pesawat kecil memiliki batasan berat, jadi Anda perlu merencanakan ke depan dan berkemas secara bertanggung jawab.

Anda juga harus mengikuti aturan yang sama seperti yang Anda lakukan jika terbang dengan pesawat yang lebih besar.

Ada juga batasan berat di pesawat yang lebih kecil. Wisatawan mungkin harus ditimbang sebelum naik dan bagasi mereka juga ditimbang.

Mengapa bunyi mesin pesawat kecil begitu keras?

Tidak ada banyak ruang untuk menyerap kekuatan angin dan suara. Semua orang di pesawat kecil disarankan untuk memiliki pelindung telinga yang memadai, terutama anak-anak, yang telinganya lebih sensitif.

Beberapa pesawat menyediakan penutup telinga, tetapi bukan ide yang buruk untuk memiliki peralatan sendiri.

Apakah pesawat kecil lebih berbahaya?

Ini adalah pertanyaan umum. Selalu ada potensi kecelakaan/insiden terjadi tidak peduli berapa ukuran pesawatnya.

Ada banyak variabel penyebabnya, seperti usia, kondisi sistem, pengalaman pilot, cuaca. Namun, industri penerbangan sudah berpegang pada standar keamanan yang tinggi terlepas dari ukuran pesawat.

Menurut data dari National Transportation Safety Board (NTSB), ada beberapa lusin kecelakaan pesawat komersial per tahun di Amerika Serikat. Antara 2010 dan 2021, total ada dua kematian di pesawat komersial.

Apakah lebih baik membawa hewan peliharaan di pesawat kecil?

Penerbangan swasta dan komersial sama-sama memiliki pro dan kontra di departemen ini.

Jika Anda mampu menerbangkan hewan dengan pesawat khusus yang lebih kecil, mungkin sepadan dengan ketenangan pikiran Anda dapat. Beberapa perusahaan penerbangan kelas atas mengakomodirnya.

Kedua, traveler akan membutuhkan cukup banyak dokumen. Jadi Anda harus harus tahu aturan dan dapatkan paspor hewan peliharaan jika diperlukan.

Mintalah saran dari dokter hewan sebelumnya. Beberapa perusahaan pesawat pribadi memiliki anggota staf khusus yang akan memandu Anda melalui proses penerbangan.



Simak Video "Kapolri Bakal Telusuri Asal Uang Brigjen Hendra Bayar Private Jet"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA