Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 03 Feb 2022 11:14 WIB

TRAVEL NEWS

Ngeri Banget! Pesawat hampir Terbalik karena Angin Kencang

Pesawat British Airways dihempas angin
Pesawat British Airways dihempas angin (Foto: CNN)
London -

Momen mengerikan nan dramatis dialami pesawat ini. Pesawat melawan angin di Bandara Heathrow London dan hampir terbalik.

Saat badai melanda Inggris, ada sebuah rekaman dari seorang pilot yang melakukan pendaratan yang sangat menantang. Pesawat itu tampak hampir terbalik dan ekornya mengikis landasan.

Kejadian ini dialami penerbangan 1307 dari British Airways. Mereka melakukan perjalanan dari Aberdeen ke London pada hari Senin.

Tetapi penerbangan 80 menit itu mengalami perjalanan yang cukup bikin senam jantung pada akhirnya. Saat hendak mendarat di Bandara Heathrow, pesawat berjenis Airbus A321neo itu tampak diterpa angin.

Pesawat itu lalu mendarat dengan satu roda, memantul ke atas dan ke bawah lagi hingga miring terguling ke arah kiri. Kemudian tampak ekor pesawat begitu dekat dengan landasan dan pilot membatalkan pendaratan.

[Gambas:Youtube]

Kapten memilih melakukan go-around, lepas landas lagi untuk mendarat dengan aman. Jerry Dyer yang memfilmkan pendaratan dramatis ini, mengatakan kepada CNN bahwa dokumentasi itu hanya menunjukkan betapa terampilnya pilot.

Dia merekam pesawat mendarat dan lepas landas untuk saluran YouTube-nya Big Jet TV. Dyer tiba beberapa menit lebih awal.

Meskipun Inggris telah dihantam oleh angin Storm Corrie dengan kecepatan 90 mph dan telah merenggut nyawa dua orang juga pemadaman listrik, Dyer mengatakan angin di Heathrow sebenarnya tidak terlalu buruk.

Perkiraan saat kejadian hanya sekitar 20 mph. Tapi itu adalah embusan angin yang mengalir di antara dua bangunan dan menghantam landasan yang hampir membalikkan pesawat.

Pelacak penerbangan menunjukkan pesawat mencapai permukaan tanah dengan kecepatan 140 mph. Pesawat ini lalu naik tajam ke ketinggian 1.173 meter dalam empat menit.

Pesawat itu lalu mendarat untuk kedua kalinya 16 menit kemudian. Belum dikonfirmasi apakah ekornya benar-benar menyentuh tanah atau hanya tampak mengikis saja.

"Pilot kami sangat terlatih untuk mengelola berbagai skenario, termasuk kondisi cuaca ekstrem, dan awak pesawat kami mendaratkan pesawat dengan selamat. Pelanggan dan awak kami semua turun seperti biasa," terang juru bicara British Airways.



Simak Video "Detik-detik Pesawat Hampir Terbalik Dihantam Badai Corrie di London"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA