Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 07 Feb 2022 15:25 WIB

TRAVEL NEWS

Semoga Sukses! 2 Pemuda Asal Gorontalo Ini Gowes Menuju ke Tanah Suci

Keren! Dua Pemuda Asal Gorontalo Gowes Sepeda ke Tanah Suci
Foto: Dua pemuda gorontalo naik sepeda ke tanah suci (Istimewa)
Jakarta -

Mengunjungi tanah suci boleh dibilang menjadi impian bagi umat muslim. Dua pemuda asal Gorontalo ini bahkan memutuskan menuju baitullah menggunakan sepeda.

Andi Harvin dan temannya Chairul Ma'atini tengah berada dalam perjalanan menuju tanah suci. Keinginan ke baitullah tersebut ternyata sudah ada sejak diri Andi masih duduk di bangku sekolah.

"Menurut saya di pribadi setiap muslim memiliki kerinduan yang sama untuk bisa pergi ke tanah suci kota Mekkah dan Madinah. Nah, keinginan ini kalau saya pribadi dari waktu masih sekolah di bangku sekolah punya keinginan dan bahkan pada saat waktu saya pernah mencoba untuk menabung membuat tabungan berupa celengan yang besar dan gemboknya juga besar bahkan kuncinya saya buang biar nggak kebuka-kebuka," kata Andi.

Kemudian, pada tahun 2019, keinginan tersebut muncul kembali. Dia yang berada di komunitas pecinta alam memiliki keinginan berpetualang mendaki gunung di setiap provinsi di Indonesia, namun tujuannya berubah menjadi ke tanah suci.

"Saya mulai belajar ilmu agama. Sedikit ilmu agama yang saya pelajari bahwa, oh ternyata petualangan itu mungkin lebih bermakna ketika kita berpetualang ke baitullah, Mekkah dan Madinah," katanya.

Awalnya, Andi berencana pergi ke tanah suci dengan low budget backpacker. Namun, akhirnya dia memutuskan untuk menggunakan sepeda karena terinspirasi dari temannya yang berhasil melakukan perjalanan gowes ke tanah suci.

"Setelah pada saat itu di akhir 2019 pada saat berencana backpacker ke Mekkah tiba tiba ada teman di Malang yang baru tiba dari Mekkah juga menggunakan sepeda bahkan bersama istrinya," kata Andi.

"Saya berpikir di tiap harinya itu biasanya kan kalau gowes sekitar 50 km per hari sekitar 2 tahun suda bisa mencapai bahkan lebih. Jadi dari situlah dari melihat teman yang baru tiba dari Mekkah menggunakan sepeda terinspirasi dari mereka," dia menambahkan.

Keren! Dua Pemuda Asal Gorontalo Gowes Sepeda ke Tanah SuciKeren! Dua Pemuda Asal Gorontalo Gowes Sepeda ke Tanah Suci Foto: (Istimewa)

Perjalanan Andi dan Chairil telah dilakukan sejak Juni 2021 setelah mereka lulus di awal tahun. Berangkat dari Gorontalo melalui darat, kini mereka tengah berada di Bandar Lampung.

"Jadi, memang tujuan kami ini ke Mekkah ini memang semata mata untuk beribadah kepada Allah dan tentunya kami berharap dengan sedikit kebaikan perjalanan kami ini bisa menjadi spirit tersendiri untuk masyarakat khususnya masyarakat Indonesia bisa menambah ketaatan lagi kepada Allah, bisa meningkatkan lagi ibadah ya semangat untuk beribadah karena khususnya kepada para pemuda," kata dia.

Sudah memasuki bulan ke delapan, target perjalanan mereka ke tanah suci tercapai dalam waktu satu tahun. Harapannya, Andi dan Chairul bisa menunaikan ibadah umrah dan haji di tahun ini.



Simak Video "Jabal Rahman Mekkah, Menyimpan Kisah Romantisme Antara Adam dan Hawa"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA