Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 08 Feb 2022 09:17 WIB

TRAVEL NEWS

PPKM Level 3, Tempat Wisata Masih Boleh Buka, Kapasitas 25%

Pemprov DKI Jakarta menutup tempat wisata seperti Taman Margasatwa Ragunan saat libur Natal dan Tahun Baru 2021. Ini dilakukan untuk menghindari keramaian dan penyebaran virus.
Ilustrasi tempat wisata Ragunan. Wisata masih diperbolehkan buka dengan kapasitas 25% di JakartaFoto: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Jakarta -

Pemerintah menetapkan Aglomerasi Jabodetabek, DIY, Bali, dan Bandung Raya naik ke PPKM Level 3. Meski levelnya naik, tempat wisata di daerah PPKM Level 3 masih diperbolehkan buka dengan kapasitas pengunjung maksimal 25 persen.

Aturan pembukaan tempat wisata di daerah PPKM level 3 diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 9 Tahun 2022 pada diktum keempat nomor 5 huruf j, yang diteken Mendagri Tito Karnavian pada 7 Februari 2022. Aturan terbaru tersebut mulai berlaku efektif hari ini hingga 14 Februari 2022 mendatang.

"Fasilitas umum (area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya) dibuka dengan kapasitas maksimal 25% (dua puluh lima persen), dengan ketentuan sebagai berikut," demikian bunyi diktum keempat nomor 5 huruf j Inmendagri 9/2022, Selasa (8/2/2022).

Berikut aturan fasilitas publik di daerah PPKM level 3 di Jawa-Bali sebagaimana Inmendagri Nomor 9 Tahun 2022:

1) mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Kesehatan;
2) wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai serta hanya pengunjung dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan;
3) anak usia di bawah 12 (dua belas) tahun wajib didampingi orang tua dan menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama; dan
4) penerapan ganjil - genap di sepanjang jalan menuju dan dari lokasi tempat wisata mulai Jumat pukul 12.00 sampai dengan Minggu pukul 18.00 waktu setempat.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan berdasarkan penilaian, Aglomerasi Jabodetabek, DIY, Bali, dan Bandung Raya naik ke Level 3. Kenaikan level PPKM terjadi bukan hanya akibat tingginya kasus, tetapi juga karena rendahnya tracing.

Bali juga naik ke level 3 salah satunya disebabkan oleh rawat inap yang meningkat. Terkait kebijakan pengetatan PPKM, akan diambil langkah terarah ke kelompok rentan seperti lansia, komorbid dan belum di vaksin, melihat perbedaan pola varian Omicron dengan varian sebelumnya.

Pengaturan PPKM Level 3

Penyesuaian aturan Level 3 yang diambil, di antaranya untuk Industri Orientasi Ekspor dan Domestik dapat terus beroperasi 100 persen, jika memiliki IOMKI, minimal 75% karyawan dosis kedua dan menggunakan Peduli Lindungi. Untuk kegiatan supermarket dapat beroperasi hinga pukul 21.00 dengan maksimal pengunjung 60%. Pasar Rakyat dapat beroperasi sampai pukul 20.00 dan maksimal pengunjung 60%.

Mall akan buka sampai pukul 21.00 maksimal 60%, dengan memperbolehkan pengunjung anak kurang dari 12 tahun minimal vaksin dosis pertama. Tempat bermain anak-anak dan tempat hiburan dapat dibuka, maksimal 35% kapasitas dengan wajib bukti vaksinasi dosis lengkap untuk anak di bawah 12 tahun. Warteg, lapak jajan, restoran dan kafe dapat buka hingga 21.00 dengan maksimal pengunjung 60%.

Bioskop akan tetap dibuka dengan anak di bawah usia 12 tahun diperbolehkan masuk dengan syarat telah menerima vaksin dosis pertama. Untuk tempat ibadah maksimal 50% kapasitas, fasilitas umum maksimal 25%, dan kegiatan seni budaya, olahraga dan sosial masyarakat maksimal 25%.

"Kami menyadari kepenatan, kejenuhan, dan kelelahan akibat pandemi yang melanda, namun sebagai warga negara yang baik kita tentunya harus menyadari bahwa keluar dari pandemi merupakan agenda kita bersama," ujar Luhut.



Simak Video "Antisipasi Pengelola Gedung Pernikahan saat PPKM Level 3 "
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA