Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 09 Feb 2022 14:55 WIB

TRAVEL NEWS

Kreatif! Sawah Kebanjiran Disulap Jadi Arena Wisata Mancing Mania

Sawah di Kecamatan Brati jadi spot mancing baru di Grobogan
Sawah di Brati, grobogan jadi wisata mancing. (Manik Priyo Prabowo/detikcom)
Grobogan -

Kabar gembira untuk sedulur mancing mania. Ada spot mancing baru seluas 700 hektare di Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Siapa sangka lokasi mancing itu merupakan sawah yang terendam banjir. Di kawasan ini banyak ditemui pemancing dan penjala ikan di tepian sawah. Salah satunya, Subandi (56) warga Desa Kronggen, Kecamatan Brati. Dia bisa dapat 5 kg ikan segar sehari.

"Kalau hujan turun air naik sampai ke jalan, jadi nggak bisa mancing atau jala ikan. Saya baru dua hari ini sehari dapat 5 kg ikan kalau hujan paling 2 kg," kata Subandi saat ditemui detikcom di sawah Desa

Pengalaman senada juga disampaikan Paryanto. Petani yang akhirnya menjadi nelayan air tawar ini mengatakan para pencari ikan juga berasal dari warga luar Grobogan, yakni Kudus dan Pati.

"Kalau tukang branjang dan jaring ikan bisa dapat sampai 5 kg per hari. Tapi kalau mancing ya seadanya, dapat sekilo ya syukur," ujar Paryanto.

Banyak pemancing dan penjala ikan yang nekat menerobos area persawahan demi mendapatkan ikan. Dari catatan Polsek Brati, ada sekitar 700 hektare lahan sawah yang terendam air yang mendadak menjadi kolam ikan.

"Luasan sawah yang tergenang dan jadi spot pancing ikan sekitar 700 hektare. Malah bukan panen padi, melainkan panen ikan nila dan ikan wader sebesar telapak tangan orang dewasa, atau seberat 200 gram lebih," ujar Kapolsek Brati, AKP Zaenal Abidin.

Zaenal menyebut kondisi banjir ini sudah berlangsung selama 3 bulan lebih. Pihaknya pun mengimbau agar warga berhati-hati saat beraktivitas karena kedalaman air yang tidak bisa diprediksi.

"Kita ingatkan kalau mancing atau jaring ikan agar hati-hati. Terutama saat hujan turun air sawah jadi lebih dalam," kata Zaenal.



Simak Video "Surfing Menaklukkan Ombak Pantai Senggigi Lombok Nusa Tenggara Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA