Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 08 Feb 2022 10:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Cerita dari Kupang: Weekeday Jadi Sekolah, Weekend Jadi Tempat Nongkrong

Suasana kebersamaan di sekolah alam manusak
Suasana kebersamaan di sekolah alam manusak
Berbagai sajian yang ada di sekolah alam Manusak
Berbagai sajian yang ada di sekolah alam Manusak
Suasana di Sekolah Alam Manusak saat malam hari
Suasana di Sekolah Alam Manusak saat malam hari
Anak anak saat bersaintai di sekolah alam Manusak
Anak anak saat bersaintai di sekolah alam Manusak
Jejeran bunga di sekolah alam Manusak
Jejeran bunga di sekolah alam Manusak
detikTravel Community -

Saat ini aktivitas ngopi dan nongkrong menjadi kebiasaan di kalangan masyarakat. Beragam tempat ngopi dengan konsep yang unik terus bermunculan demi memanjakan pengunjungnya. Ngopi dan nongkrong sambil menikmati pemandangan di alam terbuka merupakan kegiatan yang digemari oleh kalangan muda-mudi.

Tapi biasanya aktivitas ngopi dan nongkrong tersebut di lakukan di kafe yang berada di tengah kota. Namun, siapa sangka, Sekolah Alam Manusak yang cukup jauh dari pusat kota Kupang juga memiliki tempat nongkrong yang tidak kalah indah.

Sekolah alam Manusak ini berada di desa Manusak, kecamatan Oesao, kabupaten Kupang. Untuk mencapai tempat ini, dibutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari jantung kota Kupang.

Seperti namanya, di sekolah alam Manusak terdapat sebuah gedung sekolah PAUD dan berbagai tempat nongkrong di alam terbuka. Tempatnya sangatlah nyaman sebab berada diantara sawah milik warga, dengan lingkungan yang asri, udara yang sejuk, pepohonan yang rimbun, kicauan burung, dan pemandangan eksotis di sore hari.

Pada hari kerja, tempat ini digunakan untuk tempat belajar dan bermainnya anak-anak PAUD. Tapi saat akhir pekan, tempat ini selalu dibuka untuk umum. Baik untuk sekedar ngopi dan nongkrong, atau untuk melangsungkan berbagai macam kegiatan untuk saling berbagi inspirasi.

Selain tempatnya yang nyaman, sekolah alam ini juga memberikan inspirasi bagi mereka yang ingin memantik kemampuan berliterasi. Anda bisa duduk diantara pepohonan rindang dengan kursi-kursi kayu di bawahnya, sebagai pojok membaca yang nyaman. Selain itu, sekolah alam manusak juga menyiapkan berbagai fasilitas untuk anda yang suka bernyanyi dan berpuisi.

Traveler bebas menyanyikan lagu kesukaan atau sekedar berpuisi. Di sini, anda bebas berpuisi tentang apa saja. Tentang senja yang merayu, tentang rindu yang meraja, tentang anak-anak PAUD dengan dunianya, tentang bebek yang berlari riang di antara rerumputan, tentang hujan dan rinai yang dinanti, tentang dendang ritmis nan harmoni dari para pengunjung, juga tentang rindu yang menyelinap di sudut-sudut gedung.

Saat anda berkunjung ke sini, tentu anda akan disuguhkan berbagai pilihan sajian minuman, mulai dari kopi hingga non kopi. Untuk para pencinta kopi, anda bisa mencoba beberapa jenis kopi lokal NTT. Mulai dari kopi Boawae dari Nagekeo, kopi Lite dari Adonara, hingga kopi Bonleu dari pedalaman Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Kopi-kopi ini adalah hasil kolaborasi antara petani kopi lokal dan para pengelola sekolah Alam Manusak. Dijamin, kopi di sini tidak kalah enak nya dengan kopi dari wilayah lainnya di Indonesia.

Selain kopi yang enak, cemilan lokal yang di tawarkan di sini pun tidak kalah lezatnya. Menikmati berbagai sajian dengan bercengkrama bersama para sahabat sambil menikmati pemandangan alam di sekitar Sekolah Alam Manusak tentu memiliki sensasi dan kenikmatan tersendiri.

Jadi, bagi kalian yang akan berkunjung ke Kupang, jangan lupa mampir ke Sekolah Alam Manusak, yah.

BERITA TERKAIT